Tapal Batas Antara Kabupaten Humbahas dengan Tapteng Diselesaikan dengan Musyawarah dan Mufakat


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on November 3rd, 2009

Doloksanggul (SIB)
Penyelesaian pemetaan tapal batas antara kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan Pemkab Tapanuli tengah sangat menggembirakan dengan musyawarah dan mufakat yang tetap didasari rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Pembahasan penyelesaian tapal batas telah dilaksanakan di beberapa tempat seperti di Kantor Bupati Humbang Hasundutan dan kemudian di Kantor Camat Andam Dewi Tapteng yang dihadiri tim yang telah dibentuk dan juga sejumlah kepala desa yang berbatasan langsung antara kedua kabupaten tersebut.
Pembahasan pemetaan tapal batas yang ke dua yang dilaksanakan di Kantor Camat Andam Dewi, Kamis (29/10) dihadiri sejumlah tim tapal batas dari kedua kabupaten, di antaranya dari Pemkab Humbang Hasundutan yaitu Asisten I Drs Onggung Silaban, Kabag Hukor Sumurung Rajagukguk SH, Kabag Tapem Makden Sihombing SSos, Dinas Kehutanan, Bappeda, Humas dan Camat Pakkat, Parlilitan, Onanganjang, Tarabintang. Kemudian dari Pemkab Tapteng yaitu Asisten I diwakili Kabag Tapem Nelson Purba dan beberapa camat serta kepala desanya.
Asisten Pemkab Humbang Hasundutan Drs Onggung Silaban dalam arahannya dalam pertemuan tersebut sangat berterimakasih karena pembicaraan mengenai tapal batas penuh kekurangan sehingga poin-poin yang dibahas dapat disepakati dengan berbagai tahapan-tahapan pelaksanaan penyelesaian tapal batas kedua wilayah tersebut. Intinya beberapa tahapan yang disepakati yaitu Dinas Kehutanan dari kedua kabupaten hanya mempergunakan 1 peta, kemudian seluruh camat dan kepala desa bersama tokoh masyarakat dari kedua wilayah yang berbatasan, langsung “action” di perbatasan dengan membuat patok-patok sementara sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Usai penyelesaian tahapan tersebut maka akan disimpulkan hasil akhir dan selanjutnya 2 kepala daerah yaitu Bupati Humbang Hasundutan dan Bupati Tapteng akan melaksanakan penandatangan kesepakatan bersama akan ditentukan kemudian dan diharapkan selesai sebelum tanggal 26 Desember 2009.
Melihat suasana yang cukup akrab dan bersahabat dalam pembahasan tapal batas tersebut, Kabag Tapem Pemkab Tapteng Nelson Purba mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama tim sehingga diharapkan pembahasan mengenai tapal batas antara Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Humbang Hasundutan akan segera selesai.
Sementara informasi yang didapatkan wartawan bahwa wilayah Humbang Hasundutan seperti Kecamatan Onanganjang, Pakkat, Tarabintang dan Parlilitan berbatasan dengan Kabupaten Tapteng yaitu Kecamatan Pasaribu Tobing, Manduamas, Andam Dewi, Sirandorung. Nantinya setelah selesai dilaksanakan penandatangan kesepakatan bersama maka direncanakan kedua pemkab akan melaksanakan pembangunan sejumlah pilar di perbatasan tersebut. (T10/i)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s