HKG PKK ke-37 Diperingati di Humbahas, Desa Hutasoit I Juara I Perlombaan Desa, Tarabintang Juara I PTP2WKSS dan Desa Simamora Juara I Menuju Daerah Wisata


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Januari 31st, 2010

Doloksanggul (SIB)
Ketua TP PKK Humbahas Anni Rosma Napitupulu BBA dalam peringatan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK ke-37 tahun 2009, Kamis (28/1) di Aula Huta Mas, mengatakan sejak berdiri Kabupaten Humbahas gerakan PKK ikut mendukung proses pembangunan.Dibuktikan, Gerakan PKK (Darma Wanita) Humbahas telah banyak meraih berbagai prestasi atau keberhasilan. Semuanya itu tidak terlepas dari peran aktif pengurus TP PKK beserta kadernya di lapangan.
TP PKK tingkat kabupaten, kecamatan dan desa telah banyak memberikan sumbangan pemikiran dan tenaganya bagi keberhasilan pelaksanaan program-program PKK. Sehingga diharapkan ke depan agar diteruskan pengabdiannya. Anni Rosma mencontohkan keberhasilan PKK antara lain juara I tingkat Sumut lomba desa percontohan termasuk juara I tingkat Sumut perolehan lomba bulan balita dan bina generasi muda remaja. PKK sebagai mitra kerja pemerintah jadi harus senantiasa sejalan dengan arah kebijakan dan prioritas program-program pemerintah. Dalam melaksanakan gerakan PKK di Humbahas berpedoman pada visi “Huta Mas” (Humbang Hasundutan menjadikan daerah mandiri dan sejahtera) dan salah satu misinya sejalan dengan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yaitu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan. Inti pemberdayaan masyarakat atau keluarga adalah melakukan perubahan yaitu merubah kondisi kehidupan untuk mencapai suatu kemajuan atau perubahan taraf hidup lebih baik dari sebelumnya.
Strategi pemberdayaan masyarakat menjadi program PKK adalah pembinaan 20 desa percontohan pelaksanaan 10 program PPK, pembinaan desa percontohan terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (PTP2WKSS) dan program pembinaan desa percontohan sepanjang jalan protokol menuju daerah wisata. Program itu telah dilaksanakan PKK antara lain pelaksanaan gerakan gemar makan sayur dan pemberian telur rebus sebanyak 7000 orang terdiri dari lanjut usia, murid-murid SD, balita, anak-anak PAUD, karang taruna, TP PKK desa dan warga masyarakat. Pemberian APE (alat permainan edukatif) kepada kelompok PAUD dan susu kepada 2000 orang termasuk lanjut usia sebagai perhatian dan sumbangan gerakan PKK. Mendorong terbentuknya kelompok PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) khususnya di 20 desa binaan percontohan PKK dan saat ini PAUD sudah terbentuk 192 kelompok. Acara itu diketuai Ny Romala P Sianturi.
Dalam kegiatan yang dihadiri ribuan masyarakat itu sungguh luar biasa karena “panen” hadiah dari berbagai jenis. Bahkan kepada keluarga PNS golongan I sebanyak 36 orang mendapat hadiah. Di pintu masuk Aula Huta Mas juga tampak setiap kecamatan membawa hasil pertanian dan kerajinan tangan.
Panitia mengumumkan juara perlombaan desa/kelurahan 10 program pokok PKK yaitu Desa Hutasoit I Kecamatan Lintongnihuta tampil sebagai juara pertama, kedua Desa Bonan Dolok I Kecamatan Sijamapolang dan juara ketiga Desa Parsingguran I Kecamatan Pollung. Perlombaan PTP2WKSS, Desa Tarabintang Kecamatan Tarabintang tampil sebagai juara I, juara kedua Desa Batu Godang Siatas Kecamatan Onanganjang dan ketiga Desa Lobutolong Habinsaran Kecamatan Paranginan. Perlombaan sepanjang jalan protocol menuju daerah wisata, tampil sebagai juara I Desa Simamora Kecamatan Baktiraja, juara II Desa Purba Bersatu Kecamatan Pakkat dan juara III Desa Matiti I Kecamatan Doloksanggul. Kader PKK yang telah mengabdi 10 tahun keatas juga mendapat hadiah. Anni Rosma menjelaskan setiap juara I menjadi binaan tingkat provinsi sedangkan lainnya binaan PKK kabupaten. (T10/m)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s