“Akademi Perawat Columbia Asia Medan”


 A.  Latar Belakang

Akademi Perawat Columbia Asia Medan adalah peralihan nama dari Akademi Perawat Gleneagles Medan sesuai dengan nama Rumah Sakit Gleneagles Medan sebagai bagian dari Yayasan Gleneagles Medan. Akademi Perawat Gleneagles Medan didirikan oleh sebuah Yayasan Pendidikan yang diberi nama Yayasan Gleneagles Medan. Akademi Perawat Gleneagles Medan ber tujuan untuk memenuhi tenaga Perawat professional yang dibutuhkan di Rumah Sakit Gleneagles Medan khususnya dan di Rumah Sakit- Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Indonesia pada umumnya. Akademi Perawat Gleneagles Medan berdiri  pada tahun 2002  berdasarkan Keputusan Mendiknas RI Nomor: 250/D/O/2002 dan mulai beroperasional pada Tahun 2003.

Pada awal tahun 2007, Rumah Sakit gleneagles diambil alih oleh Columbia Asia Health Services Group yaitu sebuah perusahaan yang bertaraf Internasional yang bergerak di bidang perawatan dan kesehatan yang mempunyai 27 Rumah Sakit  tersebar di beberapa negara Asia seperti Malaysia, India, Vietnam dan Indonesia. Columbia Asia akan membuka cabang di beberapa negara lain di Asia dan akan mendirikan beberapa Rumah Sakit lagi di seluruh Asia dan sekarang sedang merambah ke Indonesia.

Akademi Perawat Columbia Asia Medan merupakan bagian dari perusahaan ini yang sedang mendidik mahasiswa/i yang akan menjadi tenaga-tenaga Perawat Professional yang akan siap bersaing di dunia kesehatan yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga perawat di Rumah-rumah Sakit Columbia Asia Health Services Group. Akademi Perawat Columbia Asia Medan mengupayakan pendidikan kesehatan dan keperawatan agar para alumni dapat  melayani pasien-pasien dengan penuh sentuhan iman, hati nurani yang tulus dan disiplin tinggi. Sehingga dengan pengembangan Rumah- rumah Sakit di Indonesia dan mancanegara akan membuka peluang yang lebih besar bagi Alumni Akademi Perawat Columbia Asia Medan untuk bekerja di seluruh Rumah Sakit di bawah naungan Columbia Asia Health Services Group baik yang berada di Indonesia secara khusus dan di mancanegara pada umumnya.

B.  VISI  dan  MISI 

  1. V I S I

           ” Menghasilkan tenaga perawat professional yang dapat mewujudkan masyarakat mandiri dalam mencapai hidup  sehat dan dapat bersaing di pasar global “.

 2. M I S I

     a.     Meningkatan kualitas dan kuantitas SDM serta sarana dan prasarana pendidikan.

     b.     Meningkatan mutu proses belajar dan mengajar yang efektif dan efisien.

     c.     Mengembangkan koordinasi dan advokasi dengan stakeholder serta kemitraan yang luas.

     d.     Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

 

 

 

 

C.     SARANA DAN PRASARANA

1.  Gedung/kampus: gedung terdiri dari 3 lantai dengan ruang belajar yang nyaman dan full AC.

Alamat: Jln. H. Abdul Manah Lubis No. 58 Gaperta Ujung Telp: 061-8461422 (untuk sementara)

Akan Pindah ke Gedung Gleni International Columbia Asia Hospital Lt. II

Alamat: Jln. Listrik No. 2 A. Medan telp: 061-4566368

 

 2. Laboratorium:

    i.      Keperawatan: ruang laboratorium keperawatan terdiri dari practical room dan skill lab pada masing-masing bagian keperawatan (Keperawatan Dasar,  Medikal Bedah, Anak, Maternitas, Komunitas dan Jiwa). Ruang laboratorium  dilengkapi dengan alat-alat  dan phantom (alat peraga) sesuai dengan bidang masing-masing. Pada Practical Room adalah ruangan laboratorium dimana Dosen Mata Ajaran memberikan praktek pada mahasiswa secara keseluruhan untuk mendemonstrasikan suatu tindakan/prosedur keperawatan pada mahasiswa. Skill Lab adalah sebuah ruangan praktek dimana mahasiswa akan mengulangi tindakan/ prosedur keperawatan di luar jam kuliah.

     ii.      Komputer : fasilitas komputer disediakan 20 unit bagi mahasiswa untuk membantu dalam mengerjakan tugas-tugas.

3.  Asrama: mahasiswa disediakan pemondokan masing-masing kamar dihuni oleh 2 orang mahasiswa perkamar yang berada bersebelahan dengan kampus.

4.  Perpustakaan: dilengkapi dengan buku-buku paket text book dan indonesia tentang ilmu sosial, kedokteran, keperawtan, dll serta  jurnal sehingga mahasiswa tidak kesulitan dalam menambah ilmu pengetahuan dibidang keperawatan terutamka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen. 

5.  Akses Internet: fasilitas internet disediakan untuk mengikuti perkembangan ilmu bagi peserta didik.

6.   Transportasi: trasnportasi bagi mahasiswa untuk mengantar dan menjemput praktek klinik maupun lapangan setiap saat yang terdiri dari 2 unit mobil. 

 7.  Tempat Praktek:

        a. Gleni International Columbia Asia Hospital Medan

        b. RS. H. Adam Malik Medan

        c. RS. Jiwa Daerah Prov. Sumatera Utara Medan

        d. Klinik-Klinik bersalin di Kota Medan

        e. Panti Jompo

        f. Puskesmas-Puskesmas di Kota Medan

        g. Masyarakat (PBL)

 

D.     SISTEM PERKULIAHAN

Belajar di Akademi Perawat Columbia Asia Medan tidaklah berfokus pada kurikulum yang sudah disediakan oleh pemerintah namun ada pengembangan-pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan institusi. Seperti Mata Kuliah Bahasa Inggris diadakan setiap semester dimana dituntut agar lulusan mampu berbahasa Inggris.  Mata kuliah tambahan (muatan lokal) seperti gawat darurat, yang diharapkan nantinya lulusan institusi ini mampu mengatasi masalah-masalah kegawat daruratan dalam dunia kesehatan sehingga dapat mengurangi angka kematian.

Dalam pembelajaran, mahasiswa hanya di ruang kuliah untuk belajar teori-teori + 1 bulan dan kemudian langsung praktek di Gleni International Columbia Asia Hospital Medan selama 3 minggu dan setelah itu kembali lagi belajar di kampus dan demikian seterusnya. Tujuan kita membuat sistem seperti itu adalah agar mahasiswa langsung mempraktekkan kepada pasien apa yang telah didapatkannya di kampus.  Pada umumnya system pembelajaran seperti ini akan lebih membantu para mahasiswa karena langsung praktek dan menjadi terbiasa, baik dari segi kemampuan maupun dalam membina komunikasi dengan pasien. Dengan demikian,  lulusan institusi ini diharapkan trampil dalam melakukan asuhan keperawatan dengan benar dan tepat di masa mendatang yang akan mengurangi jumlah angka kesakitan penduduk Indonesia pada umumnya.

E.      DOSEN PENGAJAR

  1. Prof. dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD, Sp. JP(K)  
  2. Prof. Dr. dr. Iskandar Japardi, Sp.BS (K)
  3. Prof. Dr. dr. Khairul, Sp. A(K)
  4. Ns. Liberta Lumban Toruan, M. Kep
  5. Marlinang Silalahi, M. Kes
  6. Rostime Hermayerni Simanullang, SST, M. Kes
  7. Rosanti Muchsin, SST, M. Kes
  8. Ns. Noni Nur Islamie S, Kep
  9. Ns. Hasmela Revi, S. Kep
  10. Ns. Widya Handayani, S. Kep
  11. Ns. Riska Rumondang Siregar, S. Kep
  12. Drs. Laminton Sihotang
  13. Drs. Agustrisno, M. Si
  14. Pdt. B. Siburian, M. Th
  15. Drs. Hendra Mulia
  16. Drs. Sunarno, S. Psi
  17. Drs. Anggiat P. Somamora, SH
  18. dr. Ridha
  19. dr. Mila Trisna
  20. dr. Andrew Sitorus
  21. Gunawan, S.Si
  22. Didik Riyanto, S. Si
  23. Hotmaudur, S. Pd
  24. Nurhalimah Tusad’iah, S. Ag

F.  STRUKTUR ORGANISASI

 Yayasan Gleni Medan:

 Penasehat                        : Lucia Voon

Pengawas                          : Fitriansyah Monasfaly

Ketua                                  : Prof. dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD, Sp.JP

Sekretaris                          : Misna Swandi

Bendahara                         : Sumiati

Akademi Perawat Columbia Asia Medan

Direktur                                         : Rostime Hermayerni Simanullang, M. Kes

Pembantu Direktur I                : Ns. Noni Nur Islamie, S. Kep

Pembantu Direktur II              : Riska Rumondang Siregar,  S. Kep

Bag. Keuangan                            : Suharno

Staf administrasi                         : Dina Mariana Siboro, Amd

 

Posting by SWY

Facebook:  Akademi Perawat  Columbia Asia Medan

Foto-foto:

About these ads

15 thoughts on ““Akademi Perawat Columbia Asia Medan”

  1. Selamat siang..
    Hanya ingin meminata informasi.
    apakah dr. Maya Regina Putri bekerja di RS. Gleneagles Medan?? atau di Akper Columbia Asia.
    saya teman kuliahnya dulu..
    demikian terima kasih atas infonya…

  2. Maaf mbak..kalau nama dr. tersebut tidak ada mengajar di Akper Columbia Asia Medan, dan di RS. saya tidak tau pasti karena dokter sangat banyak di sana. Untuk Informasi lebih jelas coba tanya ke RS. Columbia Asia Medan (ex Gleneagles) melalui nomor: 061-4566368

    Terimakasih

    • O,, terimakasih pak.. hanya mau menanyakan apa bapak kenal dengan Maya Regina Putri?? dia teman kuliah sya dulu, katanya dia kerja di RS. Gleneagles,, tp masih samar2 infonya,, apa bapak bisa bantu?? terimkasih sebelumnya..

  3. Dibutuhkan perawat untuk bekerja di praktek dokter di pasar 10 tembung, dari jam 08.00-20.00 WIB..
    Diutamakan untuk yang tinggal di daerah Tembung..
    hub.: 085261560083

  4. Buat Jayanti Mandasari Sihombing: untuk semester 1 biayanya Rp. 6.000.000,- sudah termasuk biaya pembangunan, uang asrama dan uang kuliah semester 1. Untuk uang kuliah persemesternya Rp.3.400.000,-/semester. Nah informasi selanjutnya dapat hubungi Kampus: 061-8461422 atau Hp: 0812 6051 673 – 0852 7629 7771 (Rostime Hermayerni Simanullang). Sorry baru dibalas. Horas 3x

    • Selamat pagi..
      Saya ingin bertanya kepada Ibu Rostime Hermayerni Simanullang, apakah sekarang ada lowongan dosen/ staf pengajar di Akper Columbia Asia Medan?
      Saya Nurhafizah, umur 24 tahun, lulusan dari Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara jurusan S1 Ilmu Keperawatan dengan IPK Program S1 Keperawatan 3.49 dan IPK Program Pendidikan Profesi Ners 3.91, bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai dosen/staf pengajar di Akper Columbia Asia Medan. Mohon informasinya Ibu. Saya ucapkan terimakasih.

    • To : Dheddy
      Info untuk penerimaan mahasiswa baru Akper Columbia Asia T.A 2014/2015
      – Biaya : Pendaftaran & Ujian seleksi masuk : Rp 150.000
      Uang masuk Rp 7.000.000
      ( sudah termasuk uang kuliah 1 semester, uang pembangunan, baju dinas 2 pasang, 1 pasang sepatu dinas)

      -Persyaratan : 1. Lulusan SMU/Sederajat
      2. Tinggi badan min 150 Cm (P) & 155 Cm (L)
      3. Tidak buta warna
      4. Menyerahkan 3 (tiga) lembar fotokopi Ijasah (SKHU)
      5. Menyerahkan 6 (enam) lembar pasfoto hitam putih ukuran 4 x 6
      6. Membayar biaya pendaftaran dan uang kulaih semester I.

  5. selamat pagi
    salam hangat dari LINCOLN COLLEGE UNIVERSTIY MALAYSIA. nama saya lina tio mewakili LINCOLN COLLEGE UNIVERSITY MALAYSIA, mau melakukan kunjungan kerjasama dalam waktu dekat ini, sekiranya boleh diinformasikan kepada siapa lina boleh email dan berkomunikasi untuk kelanjutan hubungan kerjasama ini.

    email lina : linatio1272@gmail.com
    hp lina +60136139918

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s