6.714 GURU TAK LULUS PORTOFOLIO


Sedikitnya 6.714 dari 10.867 guru dinyatakan tak lulus sertifikasi guru melalui penilaian portofolio di Panitia Induk Rayon II Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Negeri Medan (Unimed). Bagi yang tidak lulus, akan mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahap I pada 27 November-6 Desember mendatang.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif

Ketua Panitia Induk Rayon II LPTK Unimed, Prof Syawal Gultom, di kampus Unimed Jalan Willem Iskandar Medan Sabtu (22/11) mengatakan, guru yang tidak lulus sertifikasi melalui penilaian portofolio tersebut, yaitu guru yang nilainya tidak mencapai 840. Sedangkan guru yang memiliki nilai 841-849 cukup melengkapi berkas saja, seperti membuat satu makalah atau modul persiapan pembelajaran. Sebab, kredit poinnya itu 15, jadi sudah cukup untuk menutupi kekurangan.

Syawal didampingi Pembantu Rektor II, Drs Chairul Azmi MPd menyebutkan, dari 12.406 kuota sertifikasi guru untuk Sumut tahun 2008, yang dinilai dan diperiksa portofolionya oleh LPTK sebanyak 10.867.

Dari jumlah itu, guru yang lulus dan harus melengkapi berkas ada sebanyak 4.153 orang. Sedangkan yang nilainya di bawah 840, tercatat 6.714 guru. “Kami belum dapat memastikan jumlah guru yang murni lulus dari penilaian portofolio dan berapa yang harus melengkapi berkas. Tapi yang ikut PLPG adalah 6.714 karena nilainya ada di bawah 840,” jelas Syawal.

Pelaksanaan PLPG dibagi dua tahap. Pada tahap pertama dilaksanakan 27 November-6 Desember untuk 15 Kabupatem/Kota, sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan 9 Desember mendatang.

Untuk pelaksanan PLPG gelombang I, lanjut Syawal akan diikuti sebanyak 3.492 guru yang terdiri dari Kabupaten/Kota Asahan, Batubara, Dairi, Deliserdang, Karo, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Langkat, Serdang Berdagai, Simalungun, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Pematangsiantar, dan Tebingtinggi.

Sedangkan tempat pelaksanaan PLPG akan dipusatkan di 17 tempat, yaitu di 15 Kabupaten/Kota tersebut dan juga di Unimed sebagai LPTK dan di lembaga Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan (PMPTK) Sumut.

Pelaksanaan PLPG akan dilakukan berdasarkan bidang studi setiap guru yang bersangkutan. “Jadi mungkin saja nantinya akan ada penggabungan beberapa Kabupaten/Kota dalam pelaksanaanya karena jumlah peserta yang sedikit.”

Untuk pelaksanaan PLPG itu, Syawal berharap agar ada koordinasi dan kerjasama yang baik antara guru dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota.

Tata cara pelaksanaan PLPG, menurut Syawal tetap berkisar seputar pelatihan dan peningkatan kepribadian guru, kompetensi sosial guru, pendalaman materi dengan menghimpun berbagai kesulitan yang dihadapi guru selama mengajar, pelatihan perancangan pembelajaran, penelitian tindakan kelas, dan guru harus mampu mempraktekkannya.

Tim asesor yang terlibat dalam pelaksanaan PLPG sebanyak 340 orang dari Unimed dan 4 perguruan mitra lainnya.

Swisma | Global | Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s