8 Pejabat Keimigrasian di Sumut Dilantik


Posted on December 19, 2008 by humbahasnews | Edit

Posted in Medan Kita by Redaksi on Desember 19th, 2008

Medan (SIB)
Kanwil Depkum dan HAM Mendapat hibah tanah seluas 4,6 Ha dari Pemkab Humbahas yang langsung diserahkan oleh Bupati. Rencananya di atas tanah tersebut akan dibangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang mulai dilaksanakan tahun 2010 guna mengatasi over kapasitas Lapas dan Rutan di Sumut.
“Kemarin sore saya baru terima hibah berupa sertifikat tanah seluas 4,6 hektar langsung dari Bupati yang dihadiri para bupati di sekitar Danau Toba”, kata kakanwil Depkum dan HAM Sumut Sihabuddin BcIP SH usai melantik 8 pejabat imigrasi di lingkungan Kanwil Depkum dan HAM Sumut di aula kantor tersebut, Rabu (17/12).https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Menurutnya, di atas tanah itu nantinya akan dibangun Lapas. Sama seperti ketika menerima hibah tanah di Kabupaten Langkat seluas 8,5 hektar, pembangunan Lapas itu untuk memecahkan over kapasitas di Lapas/Rutan di Sumut.
“Itu (tanah di Langkat) saya peruntukkan khusus untuk narkotika, dan di Humbahas saya tidak bangun Rutan, tapi langsung Lembaga Pemasyarakatan. Sehingga nantinya solusi untuk masalah over kapasitas di Lapas/rutan, bisa masuk ke Humbang Hasundutan,” ujarnya.
Pembangunan Lapas di Humbahas katanya direncanakan pada tahun 2010 mendatang dengan kapasitas 1000 orang. Tahun 2009 mendatang minimal sudah dapat dilakukan pemerataan tanah dan untuk itu Wakil Bupati Humbas sudah menghubungi ketua Komisi III DPR RI. Sedangkan pembangunan Lapas Narkotika di Langkat di rencanakan mulai 2009 mendatang dengan pemagaran keliling.
Soal anggaran pembangunan Lapas tersebut Sihabunddin mengatakan, berasal dari APBN. Untuk pembangunan suatu Lapas minimal anggaran Rp55 miliar dan untuk pembangunan Lapas narkotika di Langkat diproyeksikan sekira Rp100 miliar.
Ketika di singgung over kapasitas Lapas dan Rutan di Sumut, ia mengatakan sudah mencapai 100 persen. Cuma over kapasitas itu lebih banyak terfokus pada kota besar seperti Labuhan, Rantau Prapat apalagi Medan. Kedelapan pejabat yang dilantik yakni Martin Irawan SE MM (Ka kanim Klas I Sigolga), Drs Agus Wahyudi (Kepala Rumah Detensi Imigrasi Medan), Drs Lilik Bambang Lestari (Kabag Tata Usaha Kanim Klas I Khusus Medan), Drs Prastito Himawan MH (Kabid Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kanim Klas I Khusus Medan).
Drs Warlen E Napitupulu SH (Ka kanim Klas II Pematang Siantar), Drs I Sabarita Ginting SH MH (Kabid Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kanim Klas I Khusus Medan), Zulkifli SSos MM (Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Kanim Klas I Polonia Medan) dan Anggiat Napitupulu SS MSi (Kasi Penindakan Keimigrasian Kanim Klas I Khusus Medan). (M-14/u)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s