Pesta Natal


1000 Personil Petugas Keamanan dan Elemen Pemuda Serta Masyarakat Siap Sukseskan Perayaan Natal Oikumene Sumut 2008 di Silangit

Posted in Berita Utama by Redaksi on Desember 24th, 2008

Silangit (SIB)
Jelang Natal Oikumene Sumut 2008 yang tinggal beberapa hari lagi, atau tepatnya 27 Desember mendatang, puluhan ribu warga Kristiani dari berbagai denominasi gereja se-Sumut yang telah diundang panitia yang diketuai Ir GM Chandra Panggabean melalui audiensi tatap muka danhttps://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif kunjungan langsung dipastikan akan tumpah ruah di Silangit Kecamatan Siborongborong Tapanuli Utara. Prediksi akan membludaknya warga yang akan menghadiri acara tersebut, dipastikan membutuhkan persiapan berupa managemen dan strategi tekhnis untuk memberikan kenyamanan bagi para umat yang hadir dari berbagai daerah.
Menyikapi hal tersebut, jauh-jauh hari sebelumnya pihak panitia pusat serta lokal beserta pemerintah daerah yang terkait dan petugas keamanan khususnya wilayah tuan rumah, serta sejumlah elemen masyarakat telah koordinasi untuk mensukseskan kegiatan perayaan hari kelahiran Sang Juru Selamat itu.
Untuk itu sebagai implementasi kesepahaman koordinasi untuk berbagi tugas dalam melakukan tindak pengamanan dan bagi kelancaran acara yang akan memberi kenyamanan, pihak keamanan dan pemerintah dari unsur TNI, Polri, Pemerintah, Senin (22/12) melakukan apel gabungan di Lapangan kampus Universitas Tapanuli (UNITA) yang juga sebagai lokasi pelaksanaan perayaan di atas lahan seluas 10 HA.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Dalam apel gabungan tersebut, peserta Apel berjumlah sekitar 600 orang, terdiri dari petugas Polri yang di BKO kan pada Polres Taput dari 2 Resort yakni Polres tetangga, Tobasa dan Humbanghasundutan, 1 pleton unit Rantis Baracuda dari Poldasu dan 2 unit patroli double cabin, 1 regu Jibom (penjinak Bom) dari Brimobda, personil TNI dari Kodim 0210 serta SubdenPom Tarutung.
Dari Pemkab tampak petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan Tapanuli Utara.
Pada Upacara yang digelar, tampak Kapolres Taput AKBP J Didiek DP SH bertindak sebagai Irup dan Kapolsek Siborongborong AKP Osborn Simanjuntak. Mengikuti kegiatan tampak hadir, Ketua Panitia Lokal Drs Juhal Siahaan didampingi Sekretaris Drs Simeon D Harianja MA dan beberapa panitia pengarah dan pelaksana Perayaan Natal seperti Dra Adriani Siahaan dll.
Selain itu tampak hadir Dandim 0210/TU Letkol Arh Ramses Lumbantobing ST, Kakan Satpol PP Taput Binhot I Aritonang SSos, Kakan Pelayanan Perizinan Terpadu Drs Posma Sitompul SmHk, beberapa pejabat Polres Taput seperti, Kabag Ops Taput Kompol Nurhakim, Kabag Binamitra Kompol A Harahap, Kasat Reskrim AKP Amri, Kasat Lantas AKP Sukahati Karokaro serta para pejabat teras di lingkungan Polres, Kodim dan Pemkab.
Dalam arahannya Kapolres menuturkan, bahwa fungsi pelaksanaan gladi resik apel gabungan ini, bertujuan mewujudkan konsolidasi fungsi untuk melihat kesiapan para petugas dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu sikap untuk tanggap serta bertanggungjawab sangat dibutuhkan pada kesempatan pengamanan perayaan ini. Oleh karena itu, diharapkan kepada semua pimpinan satuan/regu dan tim serta unit yang telah dihunjuk untuk mengarahkan job discribtion (pembagian tugas) masing-masing personil yang terlibat dalam melaksanakan tugas yang diembankan secara maksimal.
Hal Senada juga diungkapkan Dandim 0210/TU dalam paparannya, yang menghimbau para personil yang terlibat untuk pro aktif membantu dalam pengamanan perayaan Natal tingkat provinsi ini, dimana pencitraan tuan rumah yang baik adalah memberikan rasa nyaman bagi setiap tamu/undangan yang akan hadir nantinya, tuturnya.
Kapolres yang dikonfirmasi SIB seusai pelaksanaan apel menjelaskan, bahwa apel gabungan dan gladi resik pengamanan ini, sebahagian besar (umumnya setingkat Polres) hanya diikuti para pimpinan satuan, jadi nantinya pada hari H pelaksanaan petugas yang akan telibat jumlahnya akan bertambah terlebih dibantu pihak TNI, Pemkab, Pemuda Gereja dan masyarakat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan demikian kita optimis perayan ini akan sukses. Hingga saat ini kita dengan berbagai pihak terkait tetap berbenah menyikapi berbagai hal yang akan dihadapi petugas di lapangan. Menambahkan penjelasannya melalui Kasatlantas, memaparkan bahwa menghadapi perkiraan lonjakan jumlah jemaat yang hadir, dapat dipastikan bahwa Jalinsum Siborongborong akan macet dengan lonjakan jumlah kendaraan puluhan kali lipat dari situasi normalnya. Menjawab hal ini pihaknya telah mempersiapkan dan menambah jumlah lokasi parkir yang nantinya mampu menampung jumlah, serta memberi ruang gerak bagi kendaraan yang masuk. Selain itu kita akan mempublikasi secara luas melalui beberapa media massa dan elektronik tentang pelaksanaan kegiatan perayaan ini, dan menghimbau bagi para masyarakat dari luar kabupaten yang biasa melintas untuk mempercepat atau menunda saat melintas untuk menghindari dan meminimalisir arus macet yang panjang. Disaat bersamaan Kabag Ops Polres menuturkan bahwa pihaknya juga mempersiapkan 3 pos PAM dan 2 Pos Pemantau untuk membantu kelancaran dan kenyamanan para tamu yang datang dari luar kota.
Menurut pengamatan SIB di lokasi pelaksanaan, para peserta/personil apel tampak masih berkumpul diarahkan masing-masing pimpinannya dengan tekun. Hingga saat ini upaya koordinasi semua pihak terkait dan panitia tampak saling bahu-membahu untuk mensukseskan kegiatan akbar ini. Adapun upaya untuk mendekorasi dan menciptakan suasana yang terbaik bagi panggung utama sepanjang 24 meter, dan ratusan buah teratak serta pemadatan tanah di lokasi yang luasnya 10 HA masih berlanjut. Selain itu penambahan daya arus listrik dan instalasi sudah mulai dipasang. Usai pelaksanaan apel, lokasi juga dikunjungi Sekdakab Drs Sanggam Hutagalung didampingi beberapa pimpinan SKPD di Taput untuk meninjau dan mencoba berbagai upaya terbaik yang dapat dilakukan dalam rangka mensukseskan perayaan Natal oikumene 2008, ini agar mampu memberikan makna Natal sesungguhnya bagi seluruh jemaat di daerah kita, papar Sekda yang ditemui seusai meninjau lokasi. (Car/T11/m)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s