Pemkab Pakpak Bharat dan Humbahas Sepakati Pembangunan Jalan Lintas


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Januari 29th, 2009

Pakpak Bharat (SIB)
Pemkab Pakpak Bharat dan Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) sepakati pembangunan jalan lintas Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbahas melalui Delleng Simpoon di depan Pemerintah Propinsi yang dihadiri oleh unsur Bappeda Propinsi.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Kehutanan dan unsur Jalan dan Jembatan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara di Puncak Delleng Simpoon, Selasa, (27/01).
Hadir pada acara tersebut Bupati Pakpak Bharat H Makmur Berasa SH beserta istri Ketua PKK Pakpak Bharat, Wakil Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu MBA, Kadis Kehutanan dan Kadis PU Pakpak Bharat Mahadi Simanjuntak MM, Kepala BPKD Pakpak Bharat, Kadis Kehutanan Humbahas Darwin Lumbangaol, beserta unsur Bappeda Humbahas, unsur Bappeda Pemprovsu, unsur Kehutanan Pemprovsu, Dinas Jalan dan Jembatan Pemprovsu, unsur pers serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama dari Kabupaten Pakpak Bharat dan dari Humbahas.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya mengungkapkan bahwa proses pembangunan jalan tersebut pihak Pemkab hanyalah sebagai fasilitator sebab yang akan melakukan pembangunan adalah pemerintah propinsi. Sesuai dengan hasil pertemuan ketigabelah pihak antara Pemkab Pakpak Bharat, Pemkab Humbahas dan Pemprovsu pada 22 Januari 2009, telah disepakati terkait pembangunan jalan tersebut.
Selain itu Bupati Pakpak Bharat H Makmur Berasa juga menyampaikan bahwa pada tahun 2009 kemungkinan jalan tembus tersebut diperkirakan sudah selesai dilaksanakan. Sehingga seperti sejak dahulu bahwa masyarakat Pakpak Bharat dengan masyarakat Humbahas khususnya masyarakat Parlilitan sekitarnya sudah kembali dapat berbaur dan hidup berdampingan. Harapan tersebut juga nampak ketika tokoh masyarakat kedua belah pihak menyampaikan kata sambutan melalui Lancam Berutu, tokoh masyarakat Pakpak Bharat dari Desa Ulumera Kec STTU Julu dan Tolon Tumangger tokoh masyarakat dari Humbahas.
Darwin Lumban Gaol Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kab Humbahas yang didampingi unsur Bappeda Humbahas dalam sambutannya mengungkapkan keinginan yang sama untuk mensukseskan pembangunan jalan tembus tersebut. Di lain pihak ia juga mengungkapkan bahwa beberapa titik kawasan jalan tersebut dalam pembangunannya nantinya akan mengenai kawasan hutan register 41, sehingga dalam proses pelebaran dan pembangunan jalan tersebut nantinya ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi kepada pihak Menhut seperti ijin pembukaan kawasan dan pembayaran atas beberapa kayu hutan yang akan ditumbangkan untuk membuka jalan tersebut. Akan tetapi sembari melakukan pembukaan jalan tersebut proses pengurusan ijin harus juga dilakukan. (T18/m)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s