Jalan Provinsi Onanganjang-Pakkat Humbahas Mirip Sawah


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Februari 13th, 2009

Doloksanggul (SIB)
Jalan propinsi mulai dari kecamatan Onanganjang sampai Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan bahkan menuju perbatasan Tapteng mirip seperti sawah dan sungai. Pada badan jalan banyak ditemukan genangan air tanpa ada saluran pembuangan dan aliran sungai.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Pengamatan SIB dan komentar masyarakat di lapangan belum lama ini mengatakan, sejak dulu sudah menjadi persoalan utama bagi masyarakat. Akibat kondisi jalan sangat memprihatinkan menjadikan penghasilan masyarakat menurun. Hasil ladang seperti karet, coklat dan lainnya tidak sebanding lagi dengan biaya pengangkutan. Karena biaya pengangkutan sangat tinggi akibat jalan rusak. Warga mengharapkan kepada pemerintah supaya jalan itu diperhatikan dengan serius demi meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Dulu kata masyarakat bermarga Purba, jalan propinsi mulai Doloksanggul-Onanganjang-Pakkat hingga perbatasan sangat parah. Namun jalan Doloksanggul-Onanganjang kini sudah cantik dan sudah enak dilalui kendaraan.
Apabila masyarakat hendak melintas dari jalan Onanganjang-Pakkat dengan menggunakan mobil maka harus ekstra hati-hati khususnya pada musim hujan. Karena saat musim hujan pengendara tidak bisa membedakan mana jalan dan mana lubang karena ruas jalan digenangi air dan aliran sungai. Lokasi jalan itu juga rawan longsor.
Sementara itu, jalan Kabupaten dari Doloksanggul menuju daerah wisata Baktiraja selama ini sering menjadi persoalan karena jalan memprihatinkan ditambah berkelok-kelok. Namun sekarang warga yang hendak berwisata ke kampung halaman Sisingamangaraja dan melihat keindahan Danau Toba tidak perlu lagi khawatir. Karena jalan kini sudah mulus. (T10/u)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s