Krisis Global Tak Berpengaruh Kepada Masyarakat Napahorsik Tarabintang


Doloksanggul (SIB)
Krisis global tak berpengaruh kepada masyarakat Dusun Napahorsik Desa Sihastoruan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan. Bahkan tidak tau apa itu krisis global. Ungkapan itu dikatakan warga Napahorsik saat Ketua TP PKK Humbahas Anni Rosma Napitupulu BBA dan rombongan berkunjung ke dusun itu dalam rangkaian kegiatan TP PKK Humbahas belum lama ini.


L Hasugian dan M Sihotang mengaku kepada rombongan TP PKK, memang belakangan ini harga sawit drastis menurun dari Rp 10.500/kg menjadi Rp 3000/kg. Apakah itu karena pengaruh krisis global warga tidak mengetahuinya. Tapi yang pasti, warga Napahorsik tidak mengalami krisis global. Intinya warga tidak mengalami krisis global apabila tidak malas bekerja ke ladang dan berdoa kepada Tuhan. Sebab Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk hidup. Ditambahkan, saat ini harga sawit menurun tapi masih ada jalan hidup diberikan Tuhan kepada warga.https://humbahasnews.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif Khusus Desember sampai Maret dan ini hampir setiap tahun terjadi, bahwa warga musim burung Pamal yang harganya sangat menjanjikan. Harga per ekor saat ini Rp 2.500, pada hal setiap harinya warga dapat menjaring burung hampir 50 ekor. Sehingga warga tidak kenal dengan krisis global.
Sejak dulu burung Pamal itu sudah ada namun bermusim setiap tahunnya. Sehingga tidak begitu dikenal masyarakat. Waktu Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi berkunjung ke desa itu sudah pernah disuguhi burung Pamal. Ketika warga mengatakan kepada Bupati Maddin bahwa hidangan makan adalah burung Pamal dan dikatakan sangat enak. Keterangan nenek moyang, seorang Pastor Suku Belanda Leo Justin waktu itu berkomentar bahwa burung Pamal merupakan makanan burung paling enak di dunia.
Warga juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Humbahas atas perhatiannya membangun Desa Sihastoruan Kecamatan Tarabintang. Dimana warga sudah dapat menikmati pembangunan termasuk pembangunan air bersih dan kamar mandi umum. Dulu saat Bupati Maddin Sihombing berkunjung ke desa, warga minta pembangunan air bersih dan kamar mandi dan ternyata permintaan masyarakat itu dipenuhi. Masyarakat juga bangga atas prestasi Desa Sihastoruan yang menjadikan desa terbaik tingkat Sumut pengelola terbaik program PTP2WKSS. Sehingga bimbingan TP PKK Humbahas dapat membanggakan dan mengharumkan nama desa Sihastoruan tingkat Sumut bahkan di seluruh Indonesia. Karena Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa Sihastoruan telah menerima penghargaan dari Presiden di Jakarta.
Anni Rosma Napitupulu BBA mengucapkan terimakasih kepada warga dan mengharapkan supaya nama baik Desa Sihastoruan terus dipertahankan dan ditingkatkan demi pembangunan berkelanjutan.

One thought on “Krisis Global Tak Berpengaruh Kepada Masyarakat Napahorsik Tarabintang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s