Mencari Figur Pemimpin Muda dari Papatar


http://www.pakkatnews.com

Diposting March 10th, 2009 di kategori Orang Pakkat

oleh : hendry lbn gaol

anggota forum diskusi Dosniroha
* sebagai bahan pelengkap diskusi**

mantunDalam hitungan hari, pemilu legislatif akan berlangsung. Pesta rakyat yang diselenggarakan sekali lima tahun ini cukup menyita perhatian masyarkat tanah air,  mulai dari masa perkenalan caleg, masa kampanye hingga hari -H nya.  Sistem pemilihan sekarang benar-benar beda dengan yang sebelumnya, tentu kita sudah tau dan sudah paham betul, system pemilu kali ini. Memilih langsung pada kandidat yang sebelumnya sudah ditentukan oleh parta peserta pemilu. Selanjutnya, pada bulan-bulan berikutnya, kita akan dihadapkan pada masa pemilihan RI-1.  Hampir mirip dengan pemilu, atau bahkan lebih menyita perhatian masyarakat lagi, pemilihan presiden ini juga bakal menjadi satu pesta rakyat terbesar di negara ini.

Selanjutnya, tahun 2010 beberapa daerah di tanah air akan dihadapkan pada pesta rakyat kembali, yaitu pesta demokrasi di tingkat daerah, mulai dari Pilgub hingga Pibup. Bagi sebagian orang, Pilbut ini menjadi sangat penting, karena bupati adalah pemimpin langsung dari rakyat. Kabupaten Humbang Hasundutan, HumbangHas, merupakan salah satu dari sekian banyak kabupaten yang akan menggelar pesta rakyat, yaitu pemilihan kepala daerah. Geliatnya mulai terasa saat ini, walau sebenarnya pilkada ini baru akan di gelar pada tahun 2010.

Banyak calon-calon, mulai dari tokoh masyarakat, pengusaha, PNS, hingga Incumbent, mulai memperkenalkan diri sebagai bakal calon Ka-da Humbang Hasundutan. Yang mengungkapkan secara terang-terangan maupun melalui orang lain atau ormas.

Dalam eksistensinya sebgaai basis massa, di pemilu legislative maupun di pemilu ka-da, dapem 3 PAPATAR ( Pakkat-Parlilitan-Tarabintang) menjadi salah satu tempat favorite candidat yang bertarung. Perhitungan politisnya, ada 30% suara dari seluruh peserta pemilih, adalah dari dapem ini. Dalam arti, siapa yang menang mutlak di dapem 3, besar kemungkinan akan keluar menjadi kampium di perhitungan akhir.

Kilas balik dengan pembangunan yang sedang berlangsung maupun yang sudah selesai di PAPATAR,  seperti pembangunan sarana prasarana, pertanian, ekonomi, pembangunan SDM dan SDA-nya maka patutlah kita memberikan semacam penilaian akhir. Apakah cukup baik, sedang atau buruk sama sekali. Mungkin banyak yang sependapat, bahwa di umurnya yang hampir 7 tahun ini, pemerintah daerah HumbangHasundutan tidak pernah memperhatikan pembangunan di wilayah PAPATAR. Rusaknya sarana jalan menjadi salah satu contoh nyata yang dapat kita  lihat sehari-hari. Selanjutnya, pertanian dan ekonomi rakyat akan terimbas langsung dari ketidak adaan pembangunan di sector prasarana jalan ini.

Pesta demokrasi yang akan di gelar di HumbangHas, menjadi momentum untuk melakukan perubahan. Figur pemimpin muda sangat diharapkan bermunculan untuk mempercepat laju pertumbuhan pembangunan. Figur yang memiliki rasa peka terhadap masyarakat, dan figur yang berani berbuat demi kepentingan masyarakat adalah menjadi figur yang dicari. Sudah saatnya kaum muda memimpin daerah ini, supaya daerah yang terdiri dari sepuluh kecamatan ini ( Dolok Sanggul, Pollung,  BaktiRaja, SijamaPolang, Lintong ni Huta, Paranginan, Onan Ganjang, Pakkat, Parlilitan, TaraBintang dan Parlilitan) ini mampu bersaing dengan daerah lain, dan terlebih untuk mengangkat tingkat kesejahteraan masrayakat menjadi lebih baik.

Sisi lainnya adalah bahwa pemimpin muda yang nantinya muncul mempunyai kecakapan dalam memanagement pemerintahannya. Dan punya pengalaman serta analisa yang memadai dalam memecahkan pesoalan yang cukup kompleks. Dan dibarengi dengan dukungan dari segenap masyarakat tentunya.

Dari hasil diskusi di beberapa forum yang didominasi kaum muda, intelektual, perantau asal kecamatan  Pakkat, seperti forum Dos ni roha, yang di motori oleh Exaudi Manullang SH, R. David Manalu SH,  W Manalu, Tumpak Marbun SE. MM, Henri Situmorang, Thamrin Simanjuntak dll dimunculkan satu tokoh yang dapat  merepresentasikan harapan-harapan perubahan yang disebutkan di atas.  Tokoh yang layak di usung dan didukung yang tentunya didasari dengan criteria yang di inginkan.

Mantun Samosir SE, Ak, figur calon pemimpin muda yang diharapkan bisa membawa perubahan di Humbang HAsundutan, khususnya di daerah PAPATAR. Dengan latar belakang seorang professional di bidang management dan akuntan public yang sudah malang melintang di berbagai puluhan organisasi massa ini, Mantun Samosir  layak diajukan menjadi salah satu figur yang bias memimpin kabupaten Humbang Hasundutuan periode 2010 – 2015.  Dibidang organisasi kepemudaan, beliau adalah mantan Sekretaris Jendral PMKPS Persatuan Muda-mudi Kecamatan Pakkat dan mantan Bendahara Umum P3KP ( Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Papatar), Bendahara Umum LSM Pakkat dan banyak organisasi kemasyarakatan lainya.

Sosok Mantun Samosir SE, dinilai sangat layak untuk diusung. Selain cukup dikenal masywarakat Pakkat, laki-laki kelahiran 38  tahun lalu di Desa Purba Bersatu ini, cukup supel dan diterima bergaul dengan semua lapisan masyarakat di perantauan maupun di bonapasogit. Hal yang patut diteladani dari diri Mantun Samosir sebagai seorang figure calon pemimpin masa depan adalah pemikiran dan jiwa yang tak berhenti berkarya. Berpikir dan memberikan gagasan dalam pembangunan bonapasogit, dan selalu berpikir untuk memajukan bonapasogitnya. Ini selalu diungkapkan di pertemuan antar forum generasi muda Pakkat.

Apakah gagasan dan usulan dari forum dosniroha ini bisa dinyatakan dalam bentuk satu tekat bulat dari seorang Mantun Samosir SE, Ak untuk ikut maju bertarung didalam pemilihan Kepada Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan periode 2010 ~ 2015 ?.

Atau ada keder lain dari PAPATAR ??

One thought on “Mencari Figur Pemimpin Muda dari Papatar

  1. untuk mencari siapa calon pemimpin itu perlu dilihat dari cara pandang dia di masyarakat apa yang sudah diperbuat dia yang sudah menyentuh masyarakat dan kelayakan program yang sudah pernah diperbuat. bagaimana komunikasi dia selama ini baik itu kepada pemerintahan maupun kepada masyarakat secara keseluruhan. untuk menjadi pemimpin daerah itu sebenarnya secara pribadi sudah bisa kita lihat dari kehidupan sehari-hari jadi apakah dia layak atau tidak perlu diseleksi lebih dalam agar calon yang diajukan itu persentasi lolos lebih besar,,,, horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s