Partangiangan Tuan Dibangarna se-Taput Meriah


Doloksanggul (SIB)
Partangiangan (doa syukuran) pomparan Tuan Dibangarna (Panjaitan, Silitonga, Siagian dan Sianipar) Boru-Bere Se-Taput sukses dan meriah, Minggu (15/3) di Gedung Serbaguna Tarutung. Partangiangan yang dihadiri sedikitnya 1.500 orang juga dihadiri Bupati Taput Torang Lumbantobing, anggota DPRD Taput dari PDI Perjuangan yang juga Wakil Bupati Taput terpilih periode 2009-2014 Bangkit Silaban SE, Ketua TP PKK Taput Elly Br Manalu, Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan SH MH, anggota DPRDSU Elbiner Silitonga MBA, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Humbahas Ir Humutur Siagian dan lainnya.


Partangiangan itu berthema “Ida Ma Dengganna I Dohot Sonangnai Molo Tung Pungu Sahundulan Angka Na Marhahamaranggi” Mazmur 133:1 (Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun). Dengan sub thema “Marsiaminaminan songon lampak ni gaol marsitungkoltungkolan songon suhat di robean”.

Usai partangiangan (kebaktian) dengan pengkotbah Pdt Silitonga yang dikutip dari firman Tuhan Filipi 3:13-16 dilanjutkan dengan makan bersama dan kata-kata sambutan mewakili setiap marga. Pdt Silitonga mengajak dan mendoakan supaya keluarga besar Tuan Dibangarna tetap bersatu sesuai thema partangiangan. Kemudian melupakan yang telah dibelakang dan mengarahkan diri kepada apa yang dihadapan sesuai dengan firman Tuhan. Perbuatan-perbuatan baik akan mendapat berkat dari Tuhan.

Mewakili setiap marga mengatakan supaya keluarga Tuan Dibangarna di manapun berada khususnya di Taput supaya saling bergandengan tangan dan bersatu agar tercipta kedamaian dan rasa kekeluargaan. Tuan Dibangarna juga harus aktif dan berperan menciptakan kekondusifan di Taput dan ikut berperan dalam pembangunan. Persaudaraan itu ibarat mata dan tangan. Apabila mata menangis maka tanganlah yang mengusap dan sebaliknya apabila tangan kesakitan maka matalah yang menangis. Apabila kata ini dilaksanakan maka Tuan Dibangarna akan tetap bersatu khususnya di Taput. Partangiangan Tuan Dibangarna 2007 se-Taput sudah pernah dilaksanakan dan dihadiri Bupati Taput Torang Lumbantobing.

Usai diulosi Torang Lumbantobing menyampaikan terimakasih kepada Tuan Dibangarna atas pemberian cendramata berupa ulos. Bupati Taput terpilih dua periode itu mengajak Tuan Dibangarna di Taput supaya sama-sama membangun Bona Pasogit dan melanjutkan pembangunan. Karena tanda dorongan dan kerjasama masyarakat termasuk Tuan Dibangarna maka pembangunan tidak mungkin berjalan sesuai dengan yang diharapkan. “Tadi ada ucapan selamat dan sukses kepada saya dan kepada Bangkit Silaban SE atas terpilihnya kembali menjadi Parhobas di Taput ini. Dalam Pilkada itu bukan saya dan Bangkit Silaban yang menang tapi masyarakat Taputlah yang menang,” terang Torang Lumbantobing disambut tepuk tangan. Trimedya Panjaitan juga didaulat menyampaikan kata sambutan dan perkenalan. Pertama, Trimedya Panjaitan mengucapkan selamat kepada TOBA (Torang Lumbantobing dan Bangkit Silaban) sebagai Bupati Taput terpilih periode 2009-2014. Pasangan ini merupakan duet Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Kedua dikatakan supaya Tuan Dibangarna tetap bersatu untuk kemajuan. Trimedya Panjaitan kelahiran Medan 6-6-1966 menjelaskan dari 15 kecamatan di Taput sudah banyak dikunjungi untuk melihat proses pembangunan baik itu infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Sudah banyak aspirasi masyarakat yang ditampung untuk pembangunan. Dalam pembangunan itu Tuan Dibangarna juga ikut aktif berperan supaya pembangunan itu berkelanjutan. Acara itu dihibur tor-tor putra-putri Tuan Dibangarna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s