F-PDS DPRDSU: Humbahas Miliki Potensi Mikrohidrolistrik Belum Dimanfaatkan Maksimal


Medan (SIB)
Fraksi PDS (Partai Damai Sejahtera) DPRD Sumut menyatakan, Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) sangat kaya dengan potensi sumber daya alam, termasuk memiliki potensi mikrohidrolistrik hingga saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal mikrohidrolistrik dapat mengatasi krisis energi listrik yang terjadi selama ini.

Demikian diungkapkan anggota DPRD Sumut Ir Marasal Hutasoit kepada wartawan, Rabu (18/3) di gedung dewan, terkait dengan pertemuannya dengan Bupati Humbahas Drs Maddin Sohombing dan sejumlah staf dalam rangka reses ke Humbahas.

Marasal mengatakan, dari data yang diperoleh dari pihak PT PLN wilayah Sumut, setidaknya ada 3 potensi mikrohidrolistrik berkapasitas 2-5 MW di daerah Humbahas belum dimanfaatkan. Harusnya Pemkab Humbahas memanfaatkannya secara optimal.
Selain itu, kata Marasal, Pemkab Humbahas perlu mendorong investor membangun mikrohidrolistrik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena biayanya relatif terjangkau, proyeksinya jangka lama dan keuntungan yang diperoleh sangat menjanjikan.

“Ketimbang membangun SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), lebih baik dana itu digunakan membangun mikrohidrolistrik untuk disalurkan ke masyarakat yang masih sering dilanda pemadaman bergilir. Kalau itu dapat direalisasi, ribuan masyarakat Humbahas pasti akan terbantu”, kata Marasal.
Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing mengungkapkan, sejumlah investor sudah mengajukan permohonan untuk membangun potensi mikrohidrolistrik, tapi pihaknya bersikap selektif, karena di antara investor ada yang mundur setelah direspon Pemkab.
Sementara investor lainnya, kini tengah melakukan pembangunan mikrohidrolistrik di beberapa lokasi seperti di Aek Sibundong, Sigulok Kecamatan Sijamapolang, PLTA Power Mandiri berkapasitas 5 MW di Aek Simonggo Kecamatan Parlilitan oleh TMH di bawah PLTA Aek Silang Kecamatan Doloksanggul.

Selain itu juga tengah dijajaki pembangunan mikrohidorlistrik di Kecamatan Sijamapolang, Pakkat, Parlilitan dan Kecamatan Tarabintang.
Selain ke Humbahas, Marasal Hutasoit juga mengunjungi beberapa daerah pemilihan VIII seperti Taput, Tobasa, Samosir juga berdiskusi dengan Bupati Taput Torang Lumbantobing dan beberapa Kepala SKPD Taput tentang rencana pembangunan Taput 2010.

2 thoughts on “F-PDS DPRDSU: Humbahas Miliki Potensi Mikrohidrolistrik Belum Dimanfaatkan Maksimal

  1. Good news. Bagaimana dengan sampuran simolap yang berasal dari aek bolon pertemuan seluruh sungai dari desa baringin kec. Parlilitan, apa sudah ada studi kelayakan? Menurut saya sampuran (air terjun inilah yang paling menguntungkan dari segi investasi) dimana ada tujuh air terjun yang berturut turut yang semuanya bisa dipergunakan memutar turbin mikro hidro. Tolong Pak Bupati ditanyakan kepada Lae saya Posma Sahat Tua Simanullang yang tahun ini menjadi PNS di Humbahas.

    Salam,

    Nikson Sitohang

  2. horas humbang hasundutan;;;
    horas baringin, usulan yang bagus itu bang Nikson. memang aek simolap sangat pantas untuk diberdayakan, karena nilai ekonomisnya tingggi, selain itu nilai panoramanya juga pantas diacungkan jempol.
    Untuk Pak Bupati tolong supaya dibuat studi kelayakan dan follow up-nya ya
    mauliate.

    Sabar Sitohang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s