Dr Cosmas Batubara Yakin Propinsi Tapanuli Pasti Jadi


Jakarta (SIB)
Tokoh Nasional asal Sumut di Jakarta, Dr Cosmas Batubara, mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan mantan Menteri Tenaga Kerja RI, yang juga salah satu pendukung perjuangan Propinsi Tapanuli (Protap) di Jakarta, menyatakan optimis dan sangat yakin bahwa Propinsi Tapanuli akan terwujud sebagai propinsi baru yang mekar dari Propinsi Sumut.

“Masalah Propinsi Tapanuli memang menjadi salah satu topik penting dalam berbagai forum bahasan formal maupun informal di kalangan lembaga dan instansi terkait di tingkat pusat (Jakarta). Perkembangan terakhir memang menunjukkan Propinsi Tapanuli ini memang baru bisa dijawab setelah Pemilu 2009 ini karena Indonesia saat ini memang sedang terkonsentrasi untuk Pemilu. Tapi bagaimanapun, saya sangat yakin dan optimis Propinsi Tapanuli akan terwujud setelah Pemilu nanti. Saya yakin itu,” ujar Cosmas Batubara kepada SIB di Jakarta, didampingi putranya Arthur Batubara MSc, Senin (16/3).

Dia mengutarakan hal itu menanggapi masalah proses pembentukan Propinsi Tapanuli yang terkendala selama ini, sehingga menjadi penantian yang panjang bagi masyarakat Tapanuli, baik yang tinggal di kawasan Bona Pasogit (Tapanuli), Medan sekitarnya, dan juga yang ada di perantauan seperti Pulau Jawa dan di Luar Negeri.

Tokoh yang juga ikut dalam barisan pemrakarsa awal Pembentukan Propinsi Tapanuli di wilayah Sibolga pada 1990-an silam, menyatakan pembentukan Propinsi Tapanuli dinilai penting karena merupakan tuntutan pembangunan dengan rentang kendali (stand of controle) yang lebih pendek. Rentang kendali dimaksud adalah kendali pemerintahan dan politik yang didasarkan pada urgensi pengembangan wilayah pembangunan, dari paradigma yang selama ini terpaku pada pengembangan wilayah pemerintahan.
Tentang adanya sinyalemen dari pemerintah pusat bahwa proses pemekaran daerah di Indonesia ditangguhkan sementara waktu dengan alasan Pemilu. Cosmas menilai hal itu wajar saja namun bukan berarti akan ada perubahan kebijakan yang sifatnya menutup peluang pemekaran daerah atau penerapan otonomi. Sehingga, katanya, semua pihak yang berperan dan terlibat dalam gerakan dan perjuangan Protap ini memang harus bersabar lagi.

“Tak ada kata terlambat untuk dan dalam perjuangan. Saya yakin Propinsi Tapanuli pasti jadi atau terwujud. Pemerintahan pusat juga sudah memperhatikan dan mempertimbangkan itu. Sekarang ini hanya tinggal menunggu waktu yang tepat dan tenang saja, karena saat ini kebetulan semua pihak sibuk menjelang Pemilu,” katanya optimis dan langsung disahuti putranya Arthur Batubara dengan mengacungkan jempol ke arah SIB.

Istilah ‘Tak ada kata menyerah dalam perjuangan’ itu juga dimaksudkan Cosmas sebagai apresiasi kepada Ir GM Chandra Panggabean Cs yang kini masih dalam tahanan polisi akibat peristiwa demo massa Protap 3 Februari lalu. Bahwa, dengan kondisi para pemrakarsa dan pendukung Protap yang masih dalam proses hukum saat ini, bukan berarti gerakan dan pejuangan lantas terhenti, malahan akan menjadi motivasi penambahan dukungan dari pihak lain.
Lalu, putranya, Arthur Batubara menambahkan perjuangan untuk pembentukan Propinsi Tapanuli saat ini juga harus difokuskan pada gerakan solidaritas di kalangan seluruh masyarakat dan komponen pendukung Protap. Sembari itu, para pendukung melalui pihak-pihak advokasinya perlu menggencarkan upaya hukum formal agar GM Chandra Panggabean Cs terbebas dari tuduhan atau jeratan pasal hukum yang tak relevan sebagaimana yang digiring pihak-pihak tertentu sekarang ini. (M9/y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s