Hari Ini, Serentak Digelar UN SMA/MA/SMK di Sumut Diikuti 181.319 Peserta * Naskah UN di Medan Dijaga Ketat Polisi


Posted in Medan Kita by Redaksi on April 20th, 2009

Medan (SIB)
Hari ini, Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK di Sumatera Utara serentak dilaksanakan yang berlangsung selama lima hari mulai Senin 20 April 2009 hingga Jumat 24 April 2009, diikuti 126.326 peserta, terdiri dari SMA 106.286 orang, MA 20.040 orang dan SMK 54.993 orang.
Materi pelajaran yang akan diuji hari pertama, Senin (20/4) yakni IPA dan IPS, Selasa (21/4) Bahasa Indonesia dan Biologi/Sosiologi, Rabu (22/4) Bahasa Inggris, Kamis (23/4) Matematika, dan Jumat (24/4) Fisika, Geografi dan Kimia/Ekonomi.
Pelaksanaan ini, akan diawasi oleh pihak perguruan tinggi yakti dari Universitas Negeri Medan, setiap ruang kelas di kabupaten dan kota diawasi 1 dosen.
Untuk standar nilai kelulusan rata-rata 5.50 untuk semua pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4.00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan 4.25 untuk semua mata pelajaran lainnya.
Seluruh hasil ujian peserta UN akan dibawa ke Medan dan di scan di Unimed dan dilakukan scoring di Jakarta. Sementara pengumuman kelulusan untuk SMA/MA dan SMK diumumkan tanggal 13 Juni 2009.
Demikian dikatakan Ketua Penyelenggara UN Sumut H M Hermansyur SE MSi mewakili Kadis Pendidikan Propinsi Sumut kepada wartawan, Jumat (17/4).
Sementara di Kota Medan, UN SMA/MA dan SMK diikuti 39.942 peserta terdiri dari SMA Negeri/swasta dan SMKN 12.644 peserta dan MA (Madrasah Aliyah) Negeri/Swasta 1.953 orang.
NASKAH UN DI MEDAN DIJAGA KETAT POLISI
Dinas Pendidikan Kota Medan melibatkan pihak kepolisian dalam pengamanan naskah ujian nasional (UN) untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran.
“Kami melibatkan kepolisian untuk pengamanan, sedangkan untuk pengawasan melibatkan pihak perguruan tinggi. Ini dilakukan guna mengantisipasi kebocoran naskah UN,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri, di Medan, Minggu.
Ia menyebutkan, pendistribusian soal-soal UN ke sekolah-sekolah penyelenggara ujian akan di dilakukan secara serentak pada Senin (20/4) pagi atau beberapa jam sebelum UN dilangsungkan.
“Naskah UN tidak diinapkan di sekolah, tapi dijemput pagi hari oleh petugas penjemput dari sekolah penyelenggara UN. Ini juga demi mengantisipasi kebocoran kalau soal diinapkan di sekolah,” katanya.
Tahun ini, kata dia, siswa SMA di Medan yang akan mengikuti UN sebanyak 25.345 orang dengan rincian jurusan IPA 13.663 orang dan jurusan IPS 11.682 orang.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 78/2008 dan Prosedur Operasional Standar (POS) No 1513/BSNP/XIII/2009, peserta UN dinyatakan lulus jika memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan.
Berikutnya, nilai pelajaran kompetensi keahlian kejuruan minimal 7,00 dan nilai teori kejuruan minimal 5,00.
“Hasil UN SMK selambat-lambatnya diumumkan minggu kedua Juni nanti,” ujarnya.
Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggaraan UN 2009 Sumut, Hermansyur, mengatakan, pendistribusian soal UN untuk SMA/MA dan SMK di Sumut telah berlangsung sejak Selasa (14/4) terutama daerah yang jauh seperti Nias dan Nias Selatan.
Di daerah-daerah yang dekat dengan ibukota provinsi seperti Binjai, Langkat, Deliserdang dan Serdangbedagai pendistribusiannya dilaksanakan Sabtu (19/4).
Sementara untuk Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Batubara, Tanjungbalai, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Tebingtinggi, Pematang Siantar dan Simalungun dilaksanakan pada Jumat (18/4).
“Kami berharap UN dapat dilaksanakan serentak besok. Sampai sejauh ini belum ada kendala soal pendistribusian naskah soal UN, semua berjalan dengan lancar,” katanya. (M23/Ant/u)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s