Penerbangan Susi Air Silangit-Medan PP Terhenti *TB Silalahi Bangga Kepeloporan Susi Air dan Minta Penerbangan Tetap Jalan


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on April 21st, 2009

Silangit (SIB)
Perusahaan Susi Air yang melayani penerbangan dari Bandara Polonia Medan-Bandara Silangit Siborongborong, Tapanuli Utara PP yang sudah beroperasi selama beberapa tahun tiba-tiba terhenti beberapa minggu terakhir ini.
Akibatnya masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Tobasa tidak lagi dapat menikmati layanan transportasi udara tersebut.
Sejumlah sumber menyebutkan, berhentinya penerbangan Susi Air akibat belum adanya kepastian kelanjutan kerjasama dari sejumlah pemerintah daerah yang selama ini telah mengikat kerjasama dengan Susi Air.
Petugas Susi Air di Bandara Silangit, Yuni yang dihubungi SIB melalui telepon selularnya membenarkan bahwa pemberhentian penerbangan karena belum adanya kepastian kerjasama dari pemerintah kabupaten sekitar Bandara Silangit.
Menurutnya, beberapa pemerintah kabupaten yang selama ini telah melaksanakan kerjasama dengan Susi Air untuk pelaksanaan penerbangan yaitu Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Tobasa. Namun pihaknya tidak mengetahui persis pemerintah kabupaten mana yang belum memastikan kelanjutan kerjasama tersebut. “Mudah-mudahan tidak lama lagi akan kembali beroperasi kalau sudah ada kepastian dari pemerintah daerah tadi,” sebutnya.
Sementara itu Kadis Perhubungan Tapanuli Utara Drs Martogi Sitorus yang dikonfirmasi SIB, Senin (20/4) mengakui bahwa Pemkab Taput sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan Susi Air untuk kelanjutan penerbangan. “Taput sudah tetap lanjut dan anggarannya setiap tahun ditampung dan telah kita bayarkan ke Susi Air. Mungkin ada daerah lain yang belum membayar sehingga Susi Air belum bersedia melakukan penerbangan,” sebutnya.
Letjen (Purn) DR TB Silalahi yang dikenal sangat getol dalam memperjuangkan kelanjutan pembangunan Bandara Silangit, ketika dimintai tanggapannya, Minggu (19/4) di Bandara Silangit terkait berhentinya operasi Susi Air mengatakan bangga dengan kepeloporan Susi Air sebagai penerbangan perintis yang melakukan penerbangan termasuk di Papua dan dimana-mana.
Untuk tidak mengurangi kepeloporan dan jasa Susi Air, maka menurut TB Silalahi penerbangan tersebut harus dilanjutkan. “Kerjasama itu bagus dan saya tanya para bupati, katanya pemerintah daerah juga telah menganggarkannya di APBD. Cuma anggaran di APBD ada prosedur untuk mengeluarkannya,” sebut TB Silalahi.
Disampaikan bahwa masyarakat daerah sekitar Bandara Silangit juga telah berterima kasih kepada Susi Air karena sudah melakukan penerbangan. “Tapi jangan penerbangan berhenti hanya karena prosedur penyaluran dana. Semua bupati saya tanya tidak ada masalah dan sudah dianggarkan. Tapi kembali lagi bahwa swasta harus dibayarkan langsung. Mohon kesabaranlah agar penerbangan itu terus dilanjutkan,” himbaunya.
TB Silalahi menyayangkan apabila Bandara Silangit yang sudah dirintis setengah mati dan berproses selama bertahun-tahun serta diresmikan Presiden RI SBY namun tidak dimanfaatkan. “Saya menghimbau kepada Susi Air dan sangat menghargai Susi Air atas kepeloporannya tapi mohonlah Susi Air mengerti dan pendekatan dengan pemda juga perlu sebab yang terjadi hanya salah pengertian di antara Susi Air dengan pemerintah daerah,” ujarnya. (PR3/h)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s