DPRDSU: Pemkab Humbahas “Jolok” Anggaran APBD Sumut TA 2010 Rp 68 M * Guna Penuhi Kebutuhan Pembangunan Berbagai Sektor


Posted in Berita Utama by Redaksi on April 29th, 2009

Medan (SIB)
Tim Reses Dapem VIII DPRD Sumut menegaskan, Pemkab Humbahas (Humbang Hasundutan) “menjolok” bantuan anggaran dari APBD Sumut TA 2010 senilai Rp68.855.391.369 guna memenuhi kebutuhan pembangunan di berbagai sektor di kabupaten tersebut.
Penegasan itu diungkapkan Sekretaris Tim Reses VIII DPRD Sumut yang meliputi (Taput, Tobasa, Samosir, Humbahas, Sibolga dan Tapteng) Rafriandi Nasution, SE MT dalam laporan timnya pada rapat paripurna dewan yang dipimpin H Hadi, SH SpN didampingi Wakil Ketua Dewan Japorman Saragih, H Ali Jabbar Napitupulu dan dihadiri Sekdapropsu DR RE Nainggolan, MM, Selasa (21/4) di DPRD Sumut.
“Mengingat keterbatasan dana yang dimiliki Pemkab Humbahas, mereka sangat mengharapkan bantuan dana dari Pempropsu untuk ditampung di APBD Sumut TA 2010. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di berbagai sektor,” ujar Rafriandi.
Adapun perincian anggaran Rp68 miliar lebih ini akan dipergunakan untuk peningkatan bidang pendidikan Rp20.380.000.000, bidang kesehatan Rp6,498 miliar lebih, bidang Bina Marga Rp21,6 miliar, bidang pengairan Rp5,9 miliar lebih, bidang penataan ruang Rp6,5 miliar.
Bidang pertanian Rp2,096 miliar, bidang peternakan Rp1,190 miliar, bidang perikanan Rp840,286 juta, bidang tenaga kerja Rp1,7 miliar lebih, bidang Perindagkop Rp1,6 miliar dan bidang pariwisata Rp500 juta.
Berkaitan dengan itu, Rafriandi mengharapkan Pempropsu untuk menganggarkan usulan Pemkab Humbahas tersebut di APBD Sumut dan pihaknya juga akan berusaha semaksimal mungkin agar lembaga legislatif ikut mendukungnya.
Ditambahkan Wakil Ketua DPW PAN Sumut itu, berdasarkan hasil temuan Tim Reses di lapangan, memang sarana dan prasarana/infrastruktur pendidikan di Humbahas sangat mendesak untuk dilakukan pembenahan, agar daerah itu tidak tertinggal dengan daerah lain.
“Sangat memprihatinkan memang, kondisi ruang kelas di kabupaten itu sudah sangat parah, jumlah ketersediaan guru di semua tingkatan masih belum terpenuhi, kualitas tenaga pendidik pada umumnya masih sangat rendah serta fasilitas pendukungnya, seperti perpustakaan dan alat laboratorium masih minim,” ujarnya.
Karena itu, tambah Rafriandi, pihaknya menyarankan kepada Pempropsu dapat segera membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Pemkab Humbahas dengan mengalokasikan dana di P-APBD TA 2009 atau APBD TA 2010, sehingga problem tersebut dapat segera diselesaikan. (M10/v)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s