BANDARA SIBISA DAN SILANGIT PERLU PERBAIKAN, 7 KABUPATEN HARUS SISIHKAN ANGGARAN


http://batakpos-online.com

Untuk memajukan pariwisata Danau Toba, khususnya Samosir masih dibutuhkan pembenahan di berbagai bidang. Salah satunya yang menjadi masalah besar selama ini menyangkut perjalanan menuju daerah tujuan wisata andalan Sumut itu.

Pada sisi lain masalah penerbangan wisatawan yang akan datang ke Danau Toba kurang mendukung terkait dengan Bandara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Toba Samosir (Tobasa) dan Bandara Silangit di Tapanuli Utara (Taput).

“Pariwisata Danau Toba dikenal dimiliki 7 daerah kabupaten (Simalungun, Tanah Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Taput, Tobasa dan Samosir) dan sudah memiliki 2 bandara. Akan tetapi belum bisa dilandasi pesawat Boeing. Khususnya Bandara Sibisa yang diharapkan bisa menunjang pariwisata Parapat, Simalungun dan Samosir dan sudah sempat difungsikan, tapi harus berhenti di tengah jalan,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Samosir Maranti Lumban Tobing kepada wartawan, Kamis (7/5) di sela- sela penyelenggaraan Kejuaraan Pralayang Internasional di Bukit Beta Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Samosir.

Pengelola Hotel Toledo di Tuktuk itu mengharapkan ke-7 daerah kabupaten pemilik Danau Toba sudah seharusnya saling mendukung dan kerja sama. “Bila penting, apa salahnya saling menyisihkan anggarannya masing- masing untuk membenahi ke 2 bandara tadi. Sehingga pusat pun akan semakin serius membantu anggaran demi kemajuan pariwisata Danau Toba”, ujarnya.

Hal ini dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Samosir Maranti Lumban Tobing kepada wartawan, Kamis (7/5) di sela- sela penyelenggaraan Kejuaraan Pralayang Internasional di Bukit Beta Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Samosir.

“Kita mengetahui wisatawan yang datang berkunjung dari Medan dengan tujuan  Danau Toba, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara harus melalui jalan darat yang melelahkan.Karena di samping jarak tempuhnya sudah jauh, akan menghadapi arus lalu lintas yang lamban beriringan dari dua arah berlawanan. Kendaraan sangat susah melaju dengan cepat”, katanya.

Menurutnya hanya perjalanan saja dari Medan menuju ke Danau Toba bisa memakan waktu 6 jam. “Harusnya pembangunan jalan tol Medan–Tebing Tinggi sudah sewajarnya cepat direalisasikan. Sebab kemacetan kendaraan yang sering membuat hati kesal ketika melintas dari Medan ke Tebing Tinggi”, ujarnya.

Perlu juga disadari, lanjutnya, wisatawan yang akan berkunjung ke daerah tujuan wisata di Sumatera Barat lebih memanfaatkan melalui jalan darat dari Medan, Danau Toba baru melanjutkan perjalanan ke Sumatera Barat. ben

3 thoughts on “BANDARA SIBISA DAN SILANGIT PERLU PERBAIKAN, 7 KABUPATEN HARUS SISIHKAN ANGGARAN

  1. Jika Boing 737 bisa masuk ke Bandara Silangit bisa , selain memajukan Pariwisata danau toba.juga memudahkan saya mendistribusikan komputer ke BRI dan Pemkab di Kabupaten Humbang, BRI, BNI, Bank Mandiri dan Kantor Pemkab Tapanuli Utara, BRI, Kantor Pajak, BNI, Bank Mandiri kab, Tobasa.

    Horas
    Lintang Pratama Kargo.PT
    Indotrac Logistic.PT

  2. saya juga berharap dekian: alangkah baiknya pemerintah daerah memantapkan pembangunan daerah khususnya jalan raya dan bandar udara Silangit & Sibisa. Karna transportasi berperan penting dalam memajukan daerah baik di mata nasional baik internasional. Semoga pemerintah daerah dalam bidang perhubungan dan pihak-pihak yang terkait menindak lanjuti pembangunan daerah Tobasa, Samosir, Humbang dll.

    Horas
    Heber Manurung

  3. Ayooo…medan kamu bisa, ini harus bersama2 dilakukan warga SUMUT bukan hanya kabupaten tersebut…bandingkan dengan di Jawa Timur, Kota malang, Kediri, Jember mereka memiliki bandara masing-masing dan sangat membantu perekonomian daerah tersebut. Saya yakin SUMUT juga bisa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s