MASYARAKAT HUMBAHAS DAMPAKAN KANTOR SAMSAT


http://batakpos-online.com

Masyarakat diKabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengharapkan pemerintah mengoperasikan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) pembantu Doloksanggul sebagai tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), sehingga nantinya mereka tidak ke Tarutung hanya untuk membayar pajak, padahal jaraknya antara 70 – 100 km. Demikianlah keluhan yang disampaikan berbagai masyarakat Humbahas kepada Batak Pos belum lama ini. 

Keluhan itu bukannya tanpa alasan, karena dengan jarak itu mereka terpaksa membayar berapapun biaya yang ditetapkan oknum di Samsat Tarutung maupun Lantas Polres Tapanuli Utara (Taput) dengan harapan urusan cepat selesai. Karena bila tidak selesai mereka harus menginap dirumah penginapan/Motel dengan biaya yang tidak sedikit serta terbuangnya waktu. 
Seperti diungkapkan Nainggolan, penduduk Kecamatan Pakkat, Selasa (12/5) ketika mengurus SIM dia membayar Rp300.000 agar urusannya selesai hari itu. 

“Kepada kami oknum petugas mematok biaya Rp300.000 agar selesai 1 hari, adapun alasannya biaya itu juga setoran kekomandannya tanpa menyebutklan nama. Kalau urusan seperti ini disebut Parabola artinya selesai dengan cepat, tetapi kalau mengurus sesuai prosedur tidak selesai 1 hari dan belum tentu lulus dalam ujian yang diberikan, karena kelulusan berdasarkan kriteria mereka saja,” ujar Nainggolan dengan nada meringis membayangkan utang untuk biaya mengurus SIM. 

Sementara itu Panjaitan, penduduk Doloksanggul kepada Batak Pos Rabu (13/5) menyebutkan biaya mutasi sepeda motornya, Rp600.000, padahal surat-surat dari wilayah asal telah lengkap. Karena sudah tanggung urusannya biaya dibayar, walaupun kwitansi atas biaya tersebut tidak ada dikeluarkan petugas terkait. 

“Kami biasa mengenakan biaya seperti itu disini, karena kami juga harus memberi setoran kepada pimpinan agar bias tetap diinstansi ini. Begitulah disampaikan oknum petugas yang mengurus surat-surat itu, padahal dipekarangan ada dipampangkan tentang sanksi hokum bagi pelaksana KKN dan itu kelihatannya hanya sebagai Lift Service saja,” ucap Panjaitan menutup pembicaraan. 

AKP D Lubis Kasat Lantas Polres Humbahas saat ditanya Batak Pos, Selasa (12/05) di sela-sela memantau personelnya mengatur lalu lintas di simpang empat Doloksanggul mengatakan bahwa Satuan Lalu Lintas Polres Humbahas siap untuk melaksanakan pembuatan SIM, dimana kendalanya sarana dan prasarana tidak ada datang dari Mabes Polri. 
Terkait kantor Samsat pembantu Doloksanggul yang belum beroperasi disebutkannya karena belum siapnya personel Dinas Pendapatan Sumatera Utara.  poltak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s