CALON BUPATI HUMBAHAS PERIODE 2010-2015 MUNCUL


http://batakpos-online.com

Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan akan dilaksanakan pada 2010 mendatang. Meski pun waktunya masih cukup lama, namun topik perbincangan tentang calon-calon bupati belakangan ini sudah mulai muncul ke permukaan. 

Pengamatan Batak Pos, sejumlah nama mulai disebut-sebut sebagai calon kuat yang akan tampil pada pilkada tahun depan, di antaranya Baginda Lumban Gaol mantan Kajari Tarutung, Ir Darwin Lumban Gaol Kadis Kehutanan Humbahas, Drs Onggung Silaban Asisten I Pemerintahan Pemkab Humbahas, Marulam Simamora. Dua di antara nama tersebut yakni Baginda Lumban Gaol dan Marulam Simamora sudah ikut dalam pilkada Humbahas 2005 tapi kalah melawan Maddin Sihombing yang keluar sebagai pemenang. 
 Menyikapi persiapan Pilkada Humbahas 2010, bahkan sudah ada organisasi kumpulan marga yang melakukan penjaringan balon (bakal calon). Seperti yang sudah dilakukan Patombor (Parsadaan Toga Marbun Boru &Bere) se Humbahas. Belum lama ini Patombor mengadakan pertemuan khusus secara internal dihadiri para pengurus dan tokoh-tokoh Marbun membahas kesiapan Patombor menjaring balon bupati yang akan tampil nantinya. Pertemuan yang diadakan hari Minggu (10/5) di Hotel Martabe Doloksanggul, di antaranya merumuskan langkah-langkah strategis dalam rangka mengusung putra/putri Toga Marbun yang berminat memasuki arena Pilkada 2010. 

Pertemuan tersebut dihadiri sejumlah pengetua marga yang tergabung dalam Patombor, yakni Lumban Batu, Banjarnahor, dan Lumban Gaol. Forum pertemuan kekeluargaan itu menyepakati beberapa hal menyangkut penetapan balon Bupati/Wakil Bupati pada pilkada mendatang. 

Selain pengutaraan visi misi dalam konteks pembangunan Humbahas, juga dibahas tentang kriteria balon. Selain itu tiga poin penting ditekankan sebagai syarat, di antaranya sang balon harus memiliki modal politik. Artinya harus pasti ada partai sebagai perahu menuju pencalonan. Selain itu harus memiliki jiwa social, tidak memikirkan kepentingan pribadi, selain memiliki potensi financial untuk dana penggerak/operasional. 

Patombor juga sudah menyepakati untuk membuka penjaringan resmi bagi anggotanya yang berkeinginan maju sebagai balon Bupati/Wakil Bupati Humbahas. Pendaftaran akan ditutup pada 1 Juni 2009 mendatang. Jika lewat dari tanggal tersebut, Patombor sudah sepakat untuk menolak siapa pun anggotanya yang mendaftarkan diri. Melalui forum pengkajian selanjutnya, Patombor akan menentukan siapa figur calon Bupati/Wakil Bupati yang nantinya didukung sepenuhnya dalam pemilihan. 

Menurut M Lumban Gaol Ketua III Patombor se Indonesia, seluruh hasil rumusan pada pertemuan itu akan dibawa ke Jakarta sebagai rekomendasi bagi anak rantau Patombor.”Saya yakin melihat potensi besar Patombor dalam jumlah pemilih nanti, siapa pun yang kita calonkan pasti bisa menang dalam Pilkada nanti,”  ujar M  Lumban Gaol. 

Informasi yang diterima Batak Pos, ada dua nama yang sudah masuk dalam penjaringan versi Patombor, yakni Darwin Lumban Gaol (Kadis Kehutanan Humbahas) dan Baginda Lumban Gaol (mantan Kajari Tarutung). “Namun masih ditunggu kalau masih ada yang akan mendaftar sampai batas waktu ditentukan”, ujar Drs CP Lumban Gaol sebagai panitia penjaringan. 

Di luar nama-nama yang tergabung dalam Patombor, sejumlah nama disebut-sebut bakal maju pada pilkada mendatang, di antaranya Marulam Simamora staf Departemen Keuangan di Jakarta, dan Drs Onggung Silaban yang kini menjabat Asisten III Pemkab Humbahas. Dia tak berhasil dihubungi untuk konfirmasi. jun/poltak

9 thoughts on “CALON BUPATI HUMBAHAS PERIODE 2010-2015 MUNCUL

  1. Humbahas memang sudah baik, tapi perlu peningkatan mutu kualitas dibidang infrastruktur, tanpa itu semua pasti slalu kurang di hati masyarakat karena permasalahan itu menyentuh masyarakat sekitar.horas….

  2. Saya adalah seorang yang mengikuti perkembangan daerah Hubhas, karena saya berasal dari Pakkat, tepatnya Sijarango. saya aslinya bernama Beresaman Rambe. umur sudah 54 th.
    Melihat perkembangan daerah, setelah Otda dari sekian pemekaran, memang kabupaten Hubhas tidak la dapat di katakan makin terpuruk layaknya daerah lain. Perlukita perhatikan bahwa suatu daerah dapat makmur secara alami kalau masyarakat bergairah dalam menjalankan aktivitas “bisnis” (job) yang perlu diperhatikan bahwa dikecamatan hanya sekali seminggu Pasar maka padasaat itu kelihatannya masyarakat sangat bergairah menjalankan bisnisnya. Berarti yang perlu di pacu adalah bagaimana caranya agar setiap hari masyarakat bergairah menjalankan roda ekonomi masing-masing? perlu pemikiran terutama bagi para petani. sebagai contoh, kalau pasar adanya hari senin seperti di Pakkat, para petani mungkin tidak bisa menunda panen maka panen yang dipaksa atau dibiarkan panen pada waktunya, akan mengalami kerusakan hasil panen. Perlu ada satu cara untuk menggairahkan dengan membangun sistem pasar induk untuk hasil pertanian di Kabupaten. Pasar ini berfungsi untuk penyangga bahan kebutuhan sehari-hari untuk kota-kota besar dan daerah kecamatan lainnya dimana pasar induk Kabupaten ini setiap hari buka dan harus menampung hasilpanen dari masyarakat baik sepuluh kilo, 5 kilo atau tiga keranjang, sepuluh goni dan berapa aja dankapan saja yang di bawa petani ke pasar ter sebut bisa jadi uang pada saat itu juga. Pasar ini lah yang melihat peluang pasar di kota dan kapan saja bisa mengirimkan hasilpanen ke kota dan kecamatan lain. sehingga gairah perekonomian hidup setiap hari, retribusi pun lancar. Pemda jangan mengharapkan retribusi atau pajak lancar apabila gairah perekonomian bagi masyarakat loyo, bukan retribusi atau pajak yang lancar tapi antipati. Sebab boro-boro bayar balasting untuk membayar uang sekolah anakpun tak ada. Maka siapapun yang menjadi bupati nanti tentunya menjadimsuatu tantangan menantang bagi bapak bupati yanag senang melihat rakyatnya bergairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hari ini panen sedikit, uang pun mengalir sedikit kekantong karena bekerja sedikit, semakin banyak panen, semakin banyak uang mengalir ke kantong, karena sudah banyak bekerja. (rb)

  3. saya adalah kelahiran humbang hasundutan di lintongnihuta mbahas memang sudah baik, tapi perlu peningkatan mutu kualitas yang langsung menyentuh masyarakat dan perlu ada regulasi pergantian pemimpin supaya dapat meningkatkan mutu perekonomian humbahas yng lebih baik dan sejahtra dan dapat mempromosikan humbahas sebagai penghasil kopi dan dapat menjalin kerjasama dengan para mahasiswa2 guna meningkatkan hasil produksi.saya sebagai pomparan marbun sangat mendukung marga marbun sebagai bupati peride 2010- 2015.horasssssssssssssss

  4. Mohon kepada admin Humbahas News, untuk memberikan berita update tentang candidat bupati Humbahas, mengingat pesta demokrasi tersebut saat ini di ikuti oleh anak rantau yang berasal dari Humbang hasundutan.
    Terimakasih.

    1. @ Salmon Sihite: selalu diupayakan berita ter-update tentang Humbahas, khususnya tentang Pilkada Humbahas. Untuk melihat khusus berita pilkada, silahkan klik select category dan pilih “pilkada Humbahas 2010”.

      Silahkan juga para pembaca mengimformasikan disini berita-berita tentang humbahas, dan saya akan mempostingnya dari koment ke berita.

      Salam

      Admin
      Swandy Sihotang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s