Ribuan Umat Katolik Doloksanggul Hadiri Syukuran 33 Tahun Pelayanan Uskup Emeritus MGR AGP Datubara


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Mei 30th, 2009

Doloksanggul (SIB)
Ribuan jemaat Gereja Katolik mensyukuri 33 tahun pelayanan Uskup Emeritus MGR AGP Datubara OFM, Cap dirangkai dengan Pesta Paskah Raya/Pesta Pelindung Paroki St Fidelis Doloksanggul. Sebelum acara syukuran dan paskah raya dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan ibadah yang dipimpin Uskup Emeritus MGR AGP Datubara OFM Cap dan dihadiri Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi beserta istri dan sejumlah pimpinan SKPD, Minggu (24/5) di Halaman Gereja Katolik St Fidelis Doloksanggul.
Uskup Emeritus AGP Datubara dalam khotbahnya mengajak seluruh jemaat agar selalu mengasihi sesama dan selalu mengutamakan kekeluargaan serta kebersamaan. Sebab jika tidak ada kasih mengasihi antara sesama (masihaholongan) maka kepercayaan kita pun ikut memudar kepada Tuhan. Namun jemaat diajak agar benar-benar mencari kerajaan Allah sebab Allah akan memberikannya kepada umatnya yang percaya.
Menurutnya, kepercayaan kepada Tuhan harus semakin ditingkatkan dengan rajin beribadah ke gereja dan berdoa kepada Tuhan serta mengutamakan kasih dan rasa kekeluargaan. Selain itu AGP Datubara juga mengajak jemaat agar tidak terlena dengan harta kekayaan sesaat seperti mengutamakan uang dalam segala hal seperti memilih seseorang yang didasari politik uang, namun memilih seseorang harus dengan kebaikan dan keseriusan dalam melaksanakan pembangunan kemasyarakatan.
Sementara itu Bupati Drs Maddin Sihombing MSi usai khotbah mengucapkan selamat atas pelayanan Uskup Emeritus AGP Datubara yang telah melayani selama 33 tahun di Keuskupan Agung Medan dan di tengah masyarakat. Mengutip khotbah Uskup Emeritus AGP Datubara yang mengatakan harus ada kasih mengasihi sesama umat, maka saling mengasihi itu harus benar-benar kita utamakan dengan sesama, sebab kasih itu adalah sumber dari persaudaraan dan kekeluargaan di antara kita.
Kita patut bersyukur karena Uskup Emeritus AGP Datubara telah memberikan waktunya dengan sepenuh hati dalam meningkatkan iman masyarakat dan membangun di bidang kerohanian di tengah-tengah masyarakat sehingga kita semakin dekat kepada Tuhan. Dan kita juga syukuri dan berterimakasih bahwa Pastor dan Uskup yang pertama orang Batak adalah Uskup Emeritus AGP Datubara, sehingga Bupati mengajak jemaat agar benar-benar meneladani pengembalaan dan perbuatan kasih yang dilaksanakan uskup untuk hari berikutnya.
Bupati Sihombing juga mengharapkan agar Uskup mendoakan seluruh aparat pemerintah dan masyarakatnya semakin giat melaksanakan pekerjaannya serta tetap bersatu dalam melaksanakan pembangunan di Humbang Hasundutan. Bupati mendoakan Uskup agar selalu diberkati Tuhan dalam beraktivitas dan diberikan panjang umur dalam melaksanakan pelayanan kerohanian.
Sebagai ungkapan terimakasih dari Pemkab Humbang Hasundutan dan merasa ikut meringankan beban panitia maka Pemkab memberikan bantuan Rp 30 juta. Adapun umat Katolik yang mengikuti syukuran tersebut yaitu dari Rayon Doloksanggul, Rayon Bonandolok, Rayon Onanganjang, Rayon Marbun, Rayon Bakkara.
Di akhir acara, Uskup Emeritus AGP Datubara didampingi pastor dan suster serta panitia syukuran seperti Drs Aslin Simamora, AR Purba SH MM, Lunas Simamora dan lainnya memberikan cenderamata berupa ulos Batak kepada Bupati dan rombongan. Hal ini sebagai bentuk kekeluargaan dan saling kasih mengasihi. (T10/q)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s