Tokoh-tokoh Adat, Masyarakat, Pemuda Tobasa Sampaikan Pernyataan Sikap ke Presiden, Ketua DPR, Gubsu dan DPRSU * Mendukung dan Minta Realisasi Pembentukan Propinsi Tapanuli * Salut Atas Kegigihan dan Semangat Para Pejuang Protap * Pejuang Protap Nyanyikan Lagu “Darah Pejuang Protap”


Posted in Berita Utama by Redaksi on Mei 29th, 2009

Tobasa (SIB)
Tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan generasi muda Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyampaikan rasa salutnya atas kegigihan dan semangat para pejuang pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) yang tidak pernah luntur walau berada di balik terali besi.
Hal itu diutarakan Suaduon Silaen kepada SIB, Rabu (27/5) di Balige, usai melakukan kunjungan ke Poldasu bersama para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan generasi muda Tobasa beberapa waktu lalu. “Kami sudah melihat secara langsung bagaimana kondisi para pejuang Protap di sel tahanan Poldasu. Mereka tetap bersemangat dan tegar. Tampak juga kegigihan mereka yang terpancar dari raut wajah. Kami menyampaikan rasa salut bagi para pejuang Protap, dan untuk itu kami menyatakan tetap mendukung perjuangan pembentukan Protap. Karena perjuangan pembentukan Protap bertujuan mulia adanya,” ujarnya.
Sementara, tokoh masyarakat Tobasa asal Kecamatan Lumban Julu, Jaustin Sirait, juga mengutarakan rasa simpatinya terhadap para pejuang Protap yang terus bekerja dan bersemangat. “Lihat saja, mereka mencipta dan menyanyikan lagu perjuangan Protap. Kami bangga mendengarnya, dan merasa terhormat karena kedatangan kami disambut dengan nyanyian perjuangan,” ungkapnya.
Suaduon Silaen dan Jaustin Sirait senada mengatakan agar para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan generasi muda Tapanuli menyatukan persepsi untuk berjuang hingga tetes darah terakhir demi terwujudnya Protap. Menurut kedua tokoh ini, Chandra Panggabean Cs tidak akan pernah berhenti memperjuangkan pembentukan Protap sehingga sudah sepantasnya jika seluruh elemen masyarakat Tapanuli memberikan dukungan penuh.
Sesuai arahan Sekretaris Panitia Pembentukan Protap, Ir Hasudungan Butarbutar MSc, di hadapan para tokoh Tobasa yang berkunjung ke Poldasu beberapa waktu lalu mengatakan agar para tokoh yang ada di kabupaten/kota yang tergabung dalam Protap melakukan komunikasi menjalin persatuan dan kesatuan dalam upaya mewujudkan Protap. “Kami saat ini sedang berupaya melakukan komunikasi dengan kawan-kawan kabupaten/kota lainnya. Hingga saat ini kawan dari Humbang Hasundutan juga sepakat untuk bersatu padu memperjuangkan Protap. Jika sepakat, kami mengusulkan dibentuk sekretariat Protap di masing-masing kabupaten/kota sehingga komunikasi bisa terarah dan berjalan lancar,” ujar Suaduon Silaen.
Tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan generasi muda Kabupaten Tobasa dalam kunjungan kepada para pejuang Protap di Poldasu menyampaikan dan membacakan surat pernyataan sikap tentang pembentukan Protap. Dalam pernyataan sikap itu mereka mengatakan mendukung perjuangan pembentukan Protap dan minta pembentukannya dapat segera diwujudkan, karena bertujuan mensejahterakan masyarakat Tapanuli. Surat pernyataan sikap itu juga disampaikan ke Presiden RI, Ketua DPR RI, Mendagri, Gubsu, Ketua DPRD Sumut, Bupati Tobasa dan Ketua DPRD Tobasa. “Kita sudah kirim surat pernyataan sikap ini kepada Bapak Presiden RI dan lembaga lainnya. Kita harapkan agar lembaga-lembaga non pemerintah yang ada di Tapanuli melakukan hal yang sama yakni menyampaikan surat dukungan atas pembentukan Protap,” himbau Suaduon.
Kunjungan para tokoh Tobasa itu disambut oleh seluruh para pejuang Protap yang masih berada di Poldasu antara lain Ir GM Chandra Panggaben, Ir Hasudungan Butarbutar MSc, Drs Burhanuddin Rajagukguk, Jumongkas Hutagaol, Prof Datumira Simanjuntak SH, Drs Torang Lumbantobing, Junhaidel Samosir SH, Parles Sianturi SPd, Natajaya Mangunsong, Ungkap Sihombing SH, Asi Herianto Sitorus, Toni Gohan Pangaribuan dan Maikel Tendo Sihite.
Nyanyian perjuangan pembentukan Protap yang didendangkan para pejuang Protap dihadapan para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan generasi muda Tobasa itu dinilai mampu menyentuh hati sanubari. Nyanyian perjuangan itu berjudul “Darah Juang Tapanuli” By : Pejuang Protap Di Poldasu dengan lirik lagu seperti ini :

Disini Tapanuli
Tempat Padi Terhampar Luas
Danau Toba Kaya Raya
Tapanuli Berkat Tuhan

Di Tapanuli Ini
Berjuta Rakyat Bersimbah Duka
Anak Kecil Tak Sekolah
Pemuda Desa Tak Kerja

Reff :
Mereka Dirampas Haknya
Tertinggal Dan Lapar
Bunda Relakan Darah Juang Kami
‘Tuk Membela Tapanuli
Tuhan Berkati Perjuangan Kami
‘Tuk Provinsi Tapanuli
Tuhan Berkati Perjuangan Kami
‘Tuk Provinsi Tapanuli

Lirik lagu ini sangat menyentuh hati apalagi ketika dinyanyikan para pejuang Protap itu. Lagu perjuangan Protap akan selamanya abadi dan tak akan pernah luntur di hati sanubari masyarakat Tapanuli. (T19/h)

One thought on “Tokoh-tokoh Adat, Masyarakat, Pemuda Tobasa Sampaikan Pernyataan Sikap ke Presiden, Ketua DPR, Gubsu dan DPRSU * Mendukung dan Minta Realisasi Pembentukan Propinsi Tapanuli * Salut Atas Kegigihan dan Semangat Para Pejuang Protap * Pejuang Protap Nyanyikan Lagu “Darah Pejuang Protap”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s