CERITA DIBALIK NAMA SIKKAT PASARIBU, SEMPAT DIPANGGIL SIFAT PASARIBUT


NAMA Sikkat Pasaribu mungkin terdengar aneh di kuping sebagian orang. Tapi sesungguhnya nama itu memiliki arti terdalam bagi si pemilik nama.

“Saat saya masih dalam kandungan, usia lima bulan, abang saya Usaman Pasaribu meninggal dunia. Ibu kemudian memberi nama saya Sikkat yang artinya pengganti.   Tadinya saya malah mau dikasih nama Marganti. Tapi karena di keluarga besar saya sudah ada yang pakai nama itu akhirnya saya diberi nama Sikkat,” ujar anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara ini.  
   
Pria kelahiran Humbanghas, 9 Februari 1974 itu sempat protes. Tapi sang bunda justru mengatakan, suatu saat nanti nama Sikkat akan dipanggil banyak orang di luar keluarga dekat. Tak disangka ucapan sang bunda terbukti.
 
Setelah dewasa, Sikkat menjadi petinju. Beberapa lawan ‘disikatnya‘ di atas ring. Sejak itu namanya dielu-elukan banyak orang. “Setiap saya jalan ke pasar, mall, terminal atau di tempat lain banyak orang memanggil-manggil nama saya…Sikkat….Sikkat. Begitu pula saat saya berada di atas ring tinju,” katanya kepda BATAKPOS beberapa waktu lalu.
 
Memiliki nama yang berbeda dari biasanya justru melahirkan kenangan manis dan indah. Saat duduk di bangku sekolah dasar dan SMP, Sikkat justru dipanggil oleh gurunya… Sifat Pasaribut…. Sifat mana Sifat. Lain lagi dengan guru SMP-nya. “Saya dipanggil Singkat Pasaribu…..Singkat mana Singkat,” katanya melepas tawa.
 
Kini mantan petinju yang memiliki catatan di atas ring tinju dengan 15 kali main dan menang itu punya obsesi menjadi Sikkat (pengganti) yang sesungguhnya. Ia berharap suatu saat nanti bisa menjadi pengganti bupati Humbanghasundutan di tanah kelahiran.  Ia teringat ucapan mendiang Olo Panggabean, yang pernah berucap, bahwa Sikkat layak menjadi Bupati Humbanghasundutan.
 
“Kita tidak tahu apa yang dikehendaki Tuhan, bisa saja hal itu terwujud,” katanya.

Tukang Sikat Lawan
Saat masih aktif jadi petinju, banyak orang yang menjulukinya Si Raja KO (knock out). Maklum hampir dari semua lawannya bertahan di ronde 1 hingga 3. “Dari situlah saya dijuluki Si Raja Sikat,” kenangnya.
    
Setelah karier ditinju berakhir, Sikkat beralih ke dunia politik. Dijagad politik ini memainkan peran sebagai Sikkat sang pengganti, sedangkan di arena olahraga ia disebut Sikkat si tukang babat. “Pokoknya saya sudah menikmati arti nama Sikkat. Ternyata apa yang diucapkan ibu saya terbukti benar adanya. Saya pun tidak mau menyia-nyiakan nama ini,” ucapnya.
 
Pria yang sempat meramaikan bursa caleg pada Pemilu 2009 lalu berjanji jika pada periode 2014-2019 nanti ia terpilih menjadi anggota dewan, hal yang paling utama dilakukan adalah berupaya membersihkan institusinya dari korusi.
 
“Saya akan berusaha menjadi tukang sikat para koruptor. Makanya saya butuh dukungan dari semua pihak,” pintanya.
 
Selain itu Direktur Utama PT Bangun Jakarta Jaya Raya yang bergerak dibidang kontraktor dan penyediaan penyediaan tenaga cleaning service ini mempunyai tradisi ‘sikat’ anak buah yang kerjanya tidak beres dan tidak disiplin. “Biasanya kita beri teguran dulu, tapi jika tidak berubah juga terpaksa kita sikat,” katanya. rom

3 thoughts on “CERITA DIBALIK NAMA SIKKAT PASARIBU, SEMPAT DIPANGGIL SIFAT PASARIBUT

  1. Di juluki raja ko drimna bung ngaco at rekornya aja parah banget
    Tolong klo bkin info yg bner jgn bkin orang salah brita

Leave a Reply

