HUMBAHAS SIAPKAN KB GRATIS


http://batakpos-online.com/

Untuk melayani masyarakat dengan prima, kantor KB Kabupaten  Humbang Hasundutan (Humbahas) menyelenggarakan program KB keliling di Humbahas yang diselenggarakan selama enam hari di enam lokasi. Kegiatan ini juga akan dirangkai dengan pemutaran film bernuansa KB lewat layar lebar untuk merangsang minat warga untuk mengikuti program KB. Bentuk pelayanan KB gratis yang dilaksanakan adalah berupa pil, kondom, inplant, IUD, dan suntik.

Hal itu diungkapkan Plt Kator KB Humbahas Flora Napitupulu pada Senin (15/6). Pelaksanaan program KB gratis ini untuk menunjang dan sekaligus mensukseskan program pelaksanaan KB nasional untuk mengurangi jumlah pertumbuhan penduduk. Selain itu juga untuk meningkatkan mutu dan kualitas keluarga.

Bila program ini terlaksana dengan baik diharapkan masyarakat Indonesia, khususnya di Humbahas, menjadi lebih sejahtera. Untuk itu, diharapkan partisipasi masyarakat Humbahas untuk mengikuti, apalagi di beberapa daerah masih banyak warga yang belum mengetahui kegunaan KB.

Jadwal pelaksanaan untuk program KB diawali dari Kecamatan Lintong Nihuta dan daerah sekitar berupa pemutara film pada Senin (15/6) malam. “Untuk program yang pertama ini hanya pemutara film saja karena kondisi masyrakat di daerah ini sudah hampir seluruhnya terjangkau layanan KB,” tutur Flora.

Program ini dilanjutkan sehari kemudian di Kecamatan Pakkat, tepatnya di Desa Pulogodang, berupa layanan KB gratis diikuti pemutaran film. Berikutnya di Kecamatan Onan Ganjang, tepatnya di Desa Parbotihan. Hari Kamis di Kecamatan Tarabintang, sehari kemudian di Kecamatan Sijama Polang, disusul di Kecamtan Dolok Sanggul, tepatnya di Desa Saitnihuta.

Flora menambahkan, program KB gratis ini sudah berjalan sejak awal 2009 dan sampai saat ini sudah melayani sekitar 900 perempuan. Untuk kali ini diharapkan warga yang terlayani makin meningkat.

“Sasaran KB kali ini adalah ibu-ibu muda dan produktif yang biasa disebut dengan PUS (pasangan usia subur). Di mana melihat antusias warga beberapa tahun terakhir tampak pertumbuhan pengguna layanan KB sudah makin tinggi. Ini membutkikan tingkat kesadaran masyarakat kita tentang pentingnya KB sudah tinggi. Diharapkan program KB gratis ini berjalan lancar sehingga PUS yang membutuhkan KB dapat terlayani secara gratis,” harapnya. pol

Plt Kator KB Humbahas Flora Napitupulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s