Pekerja Konstruksi Humbahas Ikut Jamsostek


http://www.harian-global.com/

Written by Eva Simanjuntak   
Kakanwil I PT Jamsostek (persero), Mas’ud Muhammad, menyatakan, sebanyak 284 perusahaan di bidang jasa konstruksi, khususnya pembiayaan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan APBD di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) siap menjadi peserta Jamsostek.
”Pemerintah Kabupaten Humbahas mengatakan seluruh perusahaan yang bergerak jasa konstruksi yang pembiayaannya berasal dari APBN/D dan swasta sudah siap dan akan segera masuk Jamsostek. Hingga kini tercatat 284 perusahaan yang sudah didaftar,” tutur Mas’ud, di Medan, akhir pekan lalu, menjelaskan hasil kunjungannya ke Pemkab Humbahas yang diterima Wakil Bupati, Marganti Manullang, beberapa waktu lalu.
Menurutnya, keinginan masuk program Jamsostek tidak terlepas dari dorongan pemkab setempat dan terutama, kesadaran ingin melindungi para pekerja. Apalagi, payung hukumnya jelas, yakni UU No 3/1992 tentang program Jamsostek dalam lingkungan Jasa konstruksi dan peraturan Gubernur Sumatera Utara, antara lain SK Gubernur Nomor : 560/1046.K/Tahun 2004, tentang pelaksanaan program jaminan sosial tenaga kerja bagi kerja harian lepas, borongan, perjanjian kerja waktu tertentu pada sektor jasa konstruksi dan tenaga kerja informal di Propinsi Sumut.
Mas’ud menambahkan, pihak pemkab setempat juga berencana mengadakan sosialisasi program Jamsostek di Humbahas, yang melibatkan 10 kecamatan dan para kepala desa. Tujuannya agar para petani dapat dilindungi melalui program ini. “Kita harap pemerintah daerah terus mendorong seluruh tenaga kerja dan perusahaan agar dapat menjadi peserta Jamsostek,” sebutnya.EVA SIMANJUNTAK | GLOBAL | MEDAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s