Jalan Siborongborong-Taput Makin Hancur


http://www.harian-global.com/

Written by Redaksi Web   
Tuesday, 23 June 2009 11:52
Pelaksanaan proyek peningkatan jalan provinsi di Siborongborong-Aek Humbang Taput tahun anggaran 2007 dan 2008 bernilai puluhan miliar, dipertanyakan. Proyek yang dikelola UPRPJJ (Unit Penanganan Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan) Tarutung Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara itu, amburadul.
Kondisi jalan sudah memprihatinkan. Badan jalan yang diaspal sudah kupak-kapik. Bahkan di sejumlah ruas jalan sudah hancur bagaikan kubangan kerbau. Persisnya di Desa Lobu Siregar dan Desa Lobu Tua Siborongborong. Proyek pengaspalan jalan Siborongborong-Sipahutar sepanjang 3 Km TA 2008 juga diragukan kualitas pelaksanaannya. Selanjutnya kondisi jalan di Km 7 menuju Sipahutar. Disebut-sebut pihak UPRPJJ Tarutung masih menunggu proses tender TA 2009 dengan anggaran puluhan miliar untuk perbaikan dan pembangunan jalan tersebut.

“Tidak ada gunanya pembangunan dan peningkatan jalan provinsi itu dilanjutkan kalau hanya untuk membuat kenyang instansi pengelolanya. Kita sendiri tidak mengetahui siapa pimpronya. Apalagi kepala UPRPJJ Tarutung,” ujar Koordinator  LSM Gerbang Tapanuli Ramses Aritonang dan anggota DPRD Taput Drs Poltak Prima Hutasoit secara terpisah kepada wartawan, Senin (22/6).

Ramses menyebut, sudah empat bulan lebih jalan provinsi tersebut rusak, padahal baru selesai dikerjakan. Dan umunya jalan sudah seperti kubangan kerbau. Jika musim penghujan dipastikan kenderaan roda empat akan sulit melewatinya.

TL (Kepala Teknis Lapangan) Wilayah Taput Ir Togar Simanjuntak yang hendak ditemui di kantor UPRPJJ Tarutung di Jalan Pahae, Tarutung tidak berhasil. Menurut staf bermaga Nasution, dia sedang diluar daerah.
Menjawab pertanyaan, Nasution menerangkan, UPRPJJ Tarutung memiliki wilayah yakni Kabupaten Taput, Humbang Hasundutan, Tobasa, Samosir dan Tapanuli Tengah.
 

Fernando Hutasoit | Global | Taput

2 thoughts on “Jalan Siborongborong-Taput Makin Hancur

  1. Memang jalan dari siborong-borong ke lobusiregar persisnya mulai dari Parhasioran simpang lumban julu rusak parah, seperti kubangan kerbau. dan jalan yg rusak cuma 3 km saja sampai ke Bahal somat, Gonting. Kebetulan saya lihat langsung 2 bulan yg lalu.Mungkin camat siborong borong dan bupati Taput gak mau memperhatikan jalan kelobusiregar, mungkin pak camat cuma bangun kampung halamannya aja. Jadi mohon untuk bupati dan camat siborong borong khususnya, supaya jalan kekampung kami Lobusiregar diperbaiki secepatnya. Horas.

  2. Apa yang dikatakan saudara saya diatas adalah benar apa adanya. Kebetulan saya putra asli kelahiran Lobu Siregar dan melihat kondisi sebenarnya mulai dari Siborong-borong sampai Onan Runggu bagaimana rusaknya jalan raya tersebut. Khusus mulai dari Parhasihoran sampai Gonting,..sudah sangat memprihatinkan.
    Untuk itu mohon Pak Bupati dan Camat Siborong-borong turun tangan dan survey langsung ke lokasi. Jalan ini merupakan akses yang sangat vital menuju Onan Runggu, Sipahutar, Pangaribuan dst yang dapat tembus hingga ke Sipirok. Ini semua sudah saya lalui saat pulang kampung beberapa waktu yang lalu. Terimakasih dan Horas Tapanuli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s