Dinilai Berhasil, Pemerintah Lanjutkan PNPM, 2009 Humbahas Dapat Rp 12,3 M


http://hariansib.com/

Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Juni 24th, 2009

Jakarta (SIB)
Walau sebelumnya sempat menjadi polemik karena ditolak oleh beberapa kepala daerah, Pemerintah memutuskan untuk tetap melanjutkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan. “Dari hasil evaluasi diketahui, implementasi PNPM Mandiri Pedesaan berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar Mendagri Mardiyanto usai menghadiri workshop nasional sosialisasi dan penyiapan teknis PNPM Mandiri Pedesaan 2009 di Jakarta, Selasa (23/6).
Disinggung mengenai penolakan beberapa kepala daerah, Mardiyanto membantahnya. Menurutnya yang ada adalah keterlambatan. “Tidak pernah ada penolakan dari gubernur, bupati maupun walikota,” ujarnya.
Lebih jauh Mardiyanto mengatakan, untuk tahun 2009 Pemerintah mengalokasikan anggaran PNPM melalui dekonsentrasi di 32 propinsi sebesar Rp. 665,3 miliar untuk pembiayaan tenaga fasilitator dan operasional satker propinsi. Sedangkan bantuan langsung masyarakat (BLM) telah dialokasikan melalui tugas pembantuan APBN sebesar Rp. 6,9 triliun ditambah dana pendamping dari APBD sebesar Rp. 1,3 triliun. Dana tersebut disebar ke 364 kabupaten/kota dan 4371 kecamatan.
Mendagri mengatakan, pelaksanaan PNPM Mandiri ini dilakukan dengan membangun kemitraan antara pemerintah dan pemerintah daerah. “Diharapkan gubernur, bupati dan walikota dapat menyediakan dana pendamping demi suksesnya program ini,” ujar Mardiyanto.
PNPM Humbahas Rp 12,3 M
Sementara itu, Bupati Humbang Hasundutan Makdin Sihombing yang didampingi Kaban PMD Parlaungan Lumban Toruan saat ditemui di sela-sela workshop nasional sosialisasi dan penyiapan teknis PNPM Mandiri Pedesaan di Jakarta membenarkan, bahwa PNPM sangat bermanfaat bagi masyarakat di pedesaan.
Ia mencontohkan, berkat dana PNPM yang digulirkan Pemerintah dan dikelola langsung oleh kelompok masyarakat telah berhasil membangun infrastruktur berupa jembatan desa sepanjang 16 meter. “Dengan PNPM, masyarakat diberi otoritas merencanakan dan mengerjakan sendiri proyek yang mereka sepakati,” ujar Sihombing.
Tentang PNPM 2009, Makdin Sihombing mengatakan Kabupaten Humbang Hasundutan dipastikan memperoleh Rp 12,3 miliar yang dibagikan ke sepuluh kecamatan yang ada. Ia katakan, Pemkab Humbahas juga telah mengalokasikan dana pendamping yang bersumber dari APBD sebesar Rp. 600 juta.
“Setiap kecamatan memperoleh jumlah yang berbeda, berkisar antara Rp 900 juta hingga Rp 2 miliar,” ujar Sihombing. (Jos/v)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s