Hari Ini Puncak HUT ke-6 Kabupaten Humbang Hasundutan


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Juli 28th, 2009

Doloksanggul (SIB)
Hari ini, Selasa (28/7) puncak HUT ke-6 Kabupaten Humbahas di Bukit Inspirasi Desa Pakkat Kecamatan Doloksanggul. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kabupaten Humbahas termasuk perlombaan.
Senin (27/7) sudah dilaksanakan rapat paripurna istimewa HUT ke-6 Humbang Hasundutan (Humbahas) dihadiri Bupati Drs Maddin Sihombing, Ketua DPRD Bangun Silaban SE, Kapolres AKBP Surya Sofian Hadi SH, Dandim 0210/TU Letkol Ramses Lumbantobing, Ketua PN Tarutung G Pasaribu SH dan lainnya.
Maddin Sihombing mengatakan setelah terbentuknya Kabupaten Humbahas pergeseran perekonomian masyarakat terus menunjukkan ke arah yang lebih baik. Pertumbuhan ekonomi tahun 2007 sebesar 6,05 persen meningkat menjadi 6,27 persen tahun 2008. Demikian PDRB harga berlaku 2007 Rp 1.726.742,66 meningkat menjadi Rp 1.953.866,24 tahun 2008 dan pendapatan perkapita harga berlaku tahun 2007 Rp 10.955.794 meningkat menjadi Rp 11.886.566,41 tahun 2008 serta indeks pembangunan manusia tahun 2007 sebesar 70,8 meningkat menjadi 71,1 tahun 2008.
Untuk meningkatkan proses belajar mengajar bagi sekolah tahun 2008 telah merehabilitasi ruangan SD 651 ruangan, SMP 75 ruangan, SMA 22 ruangan dan SMK 13 ruangan. Tahun 2009, Pemkab Humbahas memperoleh bantuan dari Pemprovsu untuk membangun SMA Unggulan di Humbahas. Direncanakan hari ini, Selasa (28/7) Gubsu H Syamsul Arifin Silaban SE akan melakukan peletakan batu pertama yang lokasinya di Kecamatan Lintongnihuta. Peningkatan strata tenaga pendidik dilakukan melalui kerjasama dengan UNITA (Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli) di Silangit Kecamatan Siborongborong Taput. Bidang infrastruktur, desa-desa yang selama ini masih terisolir seperti Desa Sanggaran II dan Sanggaran I serta Desa Simataniari telah dapat dilalui kenderaan roda dua dan roda empat meskipun dalam kondisi tanah. Dalam melanjutkan pembangunan itu perlu ada kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk kritikan dari DPRD Humbahas. Berbagai upaya telah dilakukan eksekutif dan legislatif demi pembangunan.
Ketua DPRD Humbahas sebelum menyampaikan sambutan mengucapkan Selamat HUT ke-6 Humbahas. Selama kepemimpinan Bupati Humbahas sudah banyak diperbuat untuk membangun Humbahas namun hasil-hasil yang sudah dicapai itu belum bisa dikatakan cukup memuaskan. Sebab bupati defenitif di Humbahas baru satu periode. Sehingga tidak ada pembanding sebagai tolak ukur keberhasilan. Maka HUT ke-6 Humbahas ini dijadikan momen yang sangat berharga untuk mengevaluasi seluruh pengalaman masa lampau.
Untuk itu kata Bangun Silaban, perlu dievaluasi bahwa penempatan aparatur pemerintah belum sepenuhnya dilaksanakan berdasarkan pertimbangan “the right man on the right place” atau menempatkan orang sesuai dengan bidang keahliannya. Kemudian sistem dan cara kerja setiap SKPD masih mengacu kepada efektivitas dan efesiensi sehingga pencapaian hasil kinerja kurang maksimal. Lemahnya pengawasan internal terhadap berbagai kegiatan yang dilaksanakan mengakibatkan rendahnya kwalitas hasil capaian yang diperoleh. Pembuatan taman di sepanjang jalan protokol, Bangun Silaban memuji namun perlu juga taman dibuat seperti di perkantoran, rumah ibadah termasuk di rumah masing-masing. Jadi kegiatan ini masih ½ (setengah) berhasil.
Usai rapat paripurna dilanjutkan pembukaan pameran dan penyerahan piala dan piagam kepada pemenang perlombaan. Ketua pelaksana perayaan HUT ke-6 Humbahas Drs Onggung Silaban mengatakan jumlah pameran sebanyak 41 dengan perincian 24 SKPD, 10 camat, 1 BPS, 1 Bank Sumut, 2 stand Etnis yaitu Simalungun dan Karo, stand Pemkab Taput, stand Pemkab Tapteng serta 1 dari PT Tiara Mustika Jakarta. SO Simamora mewakili tokoh masyarakat salut melihat pembangunan di Humbahas sehingga boleh dikatakan Bukit Inspirasi disulap sebagai kota Satelit. Wakil Ketua DPRD Esra Sinaga SE MA menambahkan bahwa Humbahas seperti mimpi yang bisa dilihat sehingga ada rasa kekaguman tersendiri. Walaupun belum sempurna namun kalau seluruh lapisan masyarakat mendukung maka akan lebih baik ke depan. Pameran yang dilaksanakan Pemkab Humbahas sangat didukung karena masyarakat luas Humbahas dapat melihat secara langsung berbagai potensi sumber daya alam baik yang sudah dikelola maupun dikembangkan ke depan. Selanjutnya Ketua TP PKK Humbahas Anni Rosma Napitupulu BBA didampingi Muspida Plus Humbahas menggunting pita sebagai tanda dibukanya pameran. Kemudian dilanjutkan peninjauan setiap stand. Berbagai sumber daya alam khususnya stand setiap camat memperkenalkan komoditi-komoditi unggulan.
Drs Onggung Silaban menambahkan puncak HUT ke-6 Humbahas itu selain dihadiri ribuan masyarakat dan dihibur 33 artis ibukota juga dihadiri tokoh nasional dan putra Batak Letjend TNI (Purn) TB Silalahi SH. Dalam kunjungan itu karena kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Humbahas maka TB Silalahi akan diberikan seperangkat pakaianadat Batak yang dipandu Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan.(T10)

One thought on “Hari Ini Puncak HUT ke-6 Kabupaten Humbang Hasundutan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s