Rangkain Kegiatan HUT ke-6 Humbahas, TB Silalahi: Harta Nenek Moyang Kita yang “Dirampok” Belanda akan Dikembalikan


Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Juli 31st, 2009

Doloksanggul (SIB)
Museum yang paling dibanggakan orang Batak dibangun di TB Silalahi Certer Balige Kabupaten Tobasa yang biayanya besar sekali. Museum yang paling besar dan modern untuk menampung warisan nenek moyang kita dan nantinya museum itu akan diresmikan Presiden SBY. Ini akan menjadi museum kebanggaan orang Batak. Melalui SBY saya mohon untuk menghimbau kepada pemerintah Belanda, Jerman dan Inggris untuk mengembalikan harta milik nenek moyang kita yang “dirampok “ yang dibawa ke kampung halamannya.
Demikian disampaikan Letjend TNI (Purn) TB Silalahi dalam acara HUT ke-6 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (28/7). Seruan TB Silalahi disambut tepuk tangan ribuan masyarakat yang hadir. Dana pembangunan Museum itu akan dibantu donateur abadi SMA Sopo Surung Balige yang merupakan ayah angkat Fransiska Nommensen (cucu Nommensen).
“Inilah tanggungjawab saya karena kalian memberikan Tunggal Panaluan kepada saya. Ini tanggungjawab saya, belum berhenti sampai Tuhan memanggil saya. Dana bantuan pembangunan museum itu dari ayah angkat Fransiska Nommensen,” ucap TB Silalahi usai menerima seperangkat adat Batak dari masyarakat Humbahas dipandu TN Nainggolan. TB menambahkan, kalau pintar-pintar Bupati Humbahas dan pergi ke Jakarta menginap saja di Hotel Sambrilla karena hotel itu milik ayah angkat Fransiska. Rayu saja ayah angkat Fransiska Nommensen supaya dibuat Hotel Sambrilla di Humbang Hasundutan.
TB Silalahi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubsu H Syamsul Arifin Silaban SE yang berkenan memberikan perhatiannya ke Humbahas khususnya bidang pendidikan. Orang Batak diberkati sumber daya manusia bukan sumber daya mineral. Maka manusia harus dibenahi dengan pendidikan. Masyarakat akan mengenang Gubsu selama-lamanya karena sudah membangun pendidikan di Humbahas dengan berdirinya SMA Unggulan. Seperti Gubsu, kata TB langka di dunia ini. Gubsu sering melawak dan melucu sehingga rakyat senang. Bahkan belum ngomongpun masyarakat sudah ketawa tapi cerdas sekali dia. Melucu dan menghumor adalah salah satu teknik daripada kepemimpinan. Tidak gampang melucu itu dan orang yang suka melucu adalah pintar dan cerdas.
Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubsu atas perhatiannya ke Humbahas. Sehingga visi dan misi Gubsu telah terealisasi salah satunya rakyat tidak bodoh. Dengan berdirinya SMA Unggulan itu, mudah-mudahan ke depan di Humbahas tidak ada lagi masyarakat yang bodoh. TN juga menyuarakan bahwa visi dan misi Pemkab Humbahas yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan prasarana jalan telah terlaksana dengan baik dan luar biasa. TN mencontohkan, Desa Sanggaran Kecamatan Onanganjang merupakan desa terpencil di Humbahas dan menuju ke lokasi itu harus melalui Sibolga. Namun dengan kepemimpinan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing dan wakilnya Drs Marganti Manullang ke desa tersebut sudah dapat dilalui tanpa via Sibolga. Akses pedesaan merupakan program Pemkab Humbahas supaya masyarakat bisa merasakan pembangunan.
Sementara Gubsu sebelum menyampaikan sambutan, pertama sekali mengucapkan terimakasih kepada Veteran yang hadir dalam HUT ke-6 Humbahas. Kata Gubsu, orang Batak sering lupa pulang kampung. Alhamdulillah, Tuhan telah mengirim Drs Maddin Sihombing pulang kampung dan memimpin Kabupatan Humbahas. Sebelum Maddin Sihombing pulang kampung 28 tahun bekerja di Depdagri. “Oppung (TB Silalahi), saya titipkan pemimpin kami di Humbahas ini dan dia (Maddin Sihombing) bisa lebih berbuat banyak di kampung ini. Saya tidak mencampuri siapa nantinya calon di Humbahas ini. Tapi lanjutkan pembangunan ke arah mendatang. Kalaupun ada lebih cepat lebih baik tapi lanjutkan dulu pembangunan ini,” ujar Gubsu dengan semangat.
RangkaiAn HUT ke-6 Humbahas
Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-6 Humbahas. Peserta yang menang lomba diberikan piagam dan penghargaan. Puncak perayaaan dalam mempersatukan etnis dilakukan prosesi berbagai suku dan penampilan hasil komoditi setiap kecamatan.
Sebelum meninggalkan kota Doloksanggul, Gubsu menandatangani prasasti Akbid Kesehatan Baru Doloksanggul disaksikan ketua yayasan Drs Pantas Silaban MBA selanjutnya meninjau lokasi kampus. Kemudian Gubsu bersama-sama dengan mahasiswa Akbid menyanyikan lagu mengenai kesehatan.
Berikut daftar juara-juara perlombaan dalam rangka HUT ke-6 Humbang Hasundutan. Lomba kecamatan, Drs Elson Sihotang (Camat Parlilitan) juara I, Ratna Fride Marbun (Camat Pakkat) juara II dan Drs Juber H Simanullang (Camat Onanganjang) juara III.. Keindahan taman kategori A, Bappeda (I), Dinas Kesehatan (II), Dinas Pendidikan (III) dan Dinas Kehutanan dan LH juara IV. Keindahan taman kategori B, Akbid Kesehatan Baru Doloksanggul (I), SMAN 1 Doloksanggul (II), SMKN 1 Doloksanggul (III) dan SMPN 2 Doloksanggul juara IV.
Lomba busana tradisional Batak, Doloksanggul (I), Pollung (II), Pakkat (III) dan Parlilitan juara IV. Lomba tortor tradisional Batak tingkat SLTP, SMPN 1 Onanganjang (I), SMPN 1 Sijamapolang (II), SMP Swasta RK Pakkat (III) dan SMPN 1 Doloksanggul juara IV. Lomba tortor Batak tradisional tingkat SLTA, SMKN 1 Parlilitan (I), SMAN 1 Baktiraja (II), SMKN 2 Doloksanggul (III) dan SMAN 1 Pollung juara IV. Lomba paduan suara Mars dan Hymne Humbahas, Paranginan (I), Lintongnihuta (II), Pollung (III) dan Doloksanggul juara IV . Lomba paduan suara lansia, Doloksanggul (I), Lintongnihuta (II), Sijamapolang (III) dan Tarabintang juara IV. Lomba kader Posyandu, Posyandu Tarabintang (I), Posyandu Lestari Pollung (II), Posyandu Sehati Onanganjang (III) dan Posyandu Melati Doloksanggul juara IV.
Lomba balita sehat, Dinda Tampubolon Doloksanggul (I), Yessi Resikha Sihotang Lintongnihuta (II), Rifael Sianturi Paranginan (III) dan Geby Siregar Pollung juara IV. Lomba kebersihan kantor/instansi pemerintah, Sekretariat DPRD (I), Badan PMD (II), BKD (III) dan Bappeda juara IV. Lomba keluarga harmonis, Hotlas M Situmorang/Butti Marbun Onanganjang (I), Esron Lumbangaol/Nurhayati Purba Doloksanggul (II) Elieser Silaban/Ester Siregar Baktiraja (III) dan Rindu Hutasoit/Berliana Saragi Lintongnihuta juara IV. Lomba balita ideal, Yosia Togatorop Paranginan (I), Ema Triadelina Hutabarat Pollung (II), Sopia Manullang Pakkat (III) dan Windi Jubelina Situmorang Baktiraja juara IV. Lomba menuyusu puzzle, Kriston Simanjuntak PAUD Mawar Parlilitan (I), Bargo Marbun TK Pembina Onanganjang (II), Pados Sihombing TK Pembina Lintongnihuta (III) dan Osy PAUD Pasada Pollung juara IV .
Lomba mewarnai gambar, Josua Simamora PAUD Mawar Parlilitan (I), Pratika Sihombing PAUD Pelangi Sejahtera Lintongnihuta (II), Cecilia Marbun PAUD Agnesia Onanganjang (III) dan Viko Situmorang PAUD Huta Paung Utara Pollung juara IV. Lomba bercerita, Kerabat Oloan Simamora PAUD Tunas Baru Doloksanggul (I), Sintia Lumbantoruan TK Pembina Lintongnihuta (II), Warnimal PAUD Harapan Bangsa Pakkat (III) dan Laudes Simamora PAUD Bangun Jaya Sijamapolang juara IV. Lomba bernyanyi, Marulitua Simamora PAUD Tunas Baru Doloksanggul (I), Nikita Lumbanbatu PAUD Mawar Pollung (II), Vensia Tarihoran PAUD Sukaria Pakkat (III) dan Rut Meliani TK Pembina Lintongnihuta juara IV. Lomba anak mandiri, Roy Bornok Lumbanbatu PAUD Pancurbatu Pollung (I), Taufik Simanjuntak PAUD Mawar Pakkat (II), Rihat Siregar PAUD Calista Lintongnihuta (III) dan Hottua Lumbangaol PAUD Mawar Onanganjang juara IV. Lomba umpasa Batak, Doloksanggul (I), Lintongnihuta (II), Sijamapolang (III) dan Baktiraja juara IV. Pertandingan volly antar kecamatan, Doloksanggul (I), Baktiraja (II), Paranginan (III) dan Pakkat juara IV. Kemudian lomba karya tulis bagi insan pers. Pemberian kursi roda kepada 3 orang masyarakat Humbahas. Piagam dan penghargaan kepada sayembara pembuat logo Kabupaten Humbahas Brits Zainal Siregar (Green) dan lainnya. Mulai siang hari sampai malam perayaan, masyarakat Humbahas dihibur artis-artis ibukota dari Jakarta .
“Siraman Rohani”
Sebagai kado HUT (Hari Ulang tahun) ke-6 Kabupaten Humbahas, masyarakat Humbahas telah menerima siraman rohani dari ARBAB (Artis Batak Bermazmur), Rita Butarbutar, Jack Marpaung dan lainnya. Siraman rohani itu dilaksanakan selama 2 hari yaitu di wilayah Papatar (Pakkat Parlilitan dan Tarabintang) yang dipusatkan di kota Pakkat dan di kota Lintongnihuta yang dihadiri ribuan pengunjung.
Anggota DPRD Humbahas James Marbun mengatakan bahwa hiburan dan siraman rohani itu diselenggarakan dalam rangka HUT ke-6 Humbahas. Sehingga masyarakat yang tidak bisa hadir dan puncak acara bisa merasakan bahwa Humbahas sudah berusia 6 tahun. Siraman rohani yang disebut sebagai KKR diselenggarakan Donal Sihombing (Totalindo) Jakarta. (T10/u)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s