Jalan Menuju Doloksanggul-Sidikalang Memprihatinkan


http://www.harian-global.com/Written by Redaksi Web   
Wednesday, 26 August 2009 10:16
Rendahnya kualitas kalan sepanjang lintas Sumatera  KM 17 menghubungkan Doloksanggul – Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sangat memprihatinkan karena banyak ditemui lobang bak kubangan kerbau.Apalagi bila hujan turun,  para pengguna jalan terpaksa harus serba ekstra hati-hati bila melintas jalan tersebut guna mengelakkan lobang-lobang yang terdapat di sepanjang jalan itu.Dikhawatirkan, kondisi jalan yang rusak sepanjang ruas jalan lintas sumatera tepatnya di antara Doloksanggul Pollung diperkirakan bisa menimbulkan kecelakaan lalulintas (Laka lantas).Karenaya beberapa penduduk setempat berharap agar pemerintah segera  membuat tanda-tanda atau rambu-rambu lalulintas sebagai peringatan kepada pengendara kendaraan bermotor untuk berhati hati jika melewati jalan tersebut.

Seperti dituturkan salah seorang warga Kecamatan Pollung W Marbun didampingi Andi Siregar mengatakan kepada wartawan, Selasa (25/8), situasi dan kondisi jalan tersebut sudah sangat meresahkan penduduk khususnya yang rumahnya di sepanjang ruas jalan.

Apalagi bila jalan tersebut dilalui kendaraan berat  seperti truck pengangkut kayu dengan muatan tonase seberat 25 ton, karena truk tersebut harus zig-zag memilah jalan yang tidak berlobang. 

“Di samping kwalitas pembangunan jalan yang semakin menurun  truk-truk pengangkut kayu yang melebihi tonase memperparah kerusakan jalan tersebut ditambah drainase di sepanjang sisi jalan tidak ada sehingga ketika air mengalir langsung ke badan jalan,” ujar W Marbun

Hasil pantauan wartawan Selasa, (25/8) di sepanjang jalan tersebut ditemukan sebanyak 18 titik  jalan rusak parah, parahnya lagi jalan yang rusak banyak hanya disisip dengan sertu (batu bercampur tanah liat) sehingga batu tersebut berserakan di badan jalan.

Sementara saat terik matahari, debu akan menyelimuti jalan atas setiap kendaraan yang lewat secara bergandengan. Sebaliknya jika hujan turun, beberapa ruas jalan akan berubah bagai kubangan kerbau bahkan ada juga seperti kolam kecil.

“Kalaulah memang Pemerintah Pusat atau Provinsi Sumatera Utara tidak memperbaiki ataupun mengaspal jalan tersebut, alangkah baiknya bila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan melakukan pengaspalan jalan tersebut. Karena dengan situasi jalan yang penuh debu saat matahari terik, dan penuh genangan air layaknya kubangan kerbau saat hujan turun yang rugi adalah masyarakat Pollung yang berada di sepanjang jalan tersebut yang nota bene masyarakat Humbahas,” ujar  Andi menimpali pernyataan Marbun.

 Robert Lumbangaol Global| Doloksanggul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s