75 Tahun Pelayanan Gereja Katolik di Tanah Batak


sumber: www.beritapapatar.com

Gereja KatolikSalah satu  dari tiga Tugas panggilan Gereja adalah Marturia, bersaksi. Puluhan tahun lamanya, gereja Katolik sebagai salah satu gereja terbesar di tanah batak dalam penatalayananya, juga mengadakan berbagai macam kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. Eksistensi gereja katolik di ditanah batak memasuki angka 75 tahun. Dimana dari tahun ke tahun berkembang cukup pesat, dan sudah memberikan berbagai macam prestasi dan manfaat bagi masyrakat Batak. Sebut saja contohnya di bidang pendidikan, dengan mendirikan sekolah-sekolah Katolik yang  bermutu hampir ditiap kecamatan di tanah Batak. Contoh lainnya adalah mendirikan rumah sakit di beberapa kecamatan yang bisa dijangkau.

Memperingati usia pelayanan yang ke 75 tahun ini, Gereja Katolik se Kabupaten Humbang melalui Dewan Wilayah Kaum Muda mengadakan berbagai macam kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan seperti Ceramah, Latihan Kepemimpinan, Misa Inkulturatif, Lomba Kuis Kitab Suci dan Ajaran Gereja.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut, 18 ~ 20 September 2009,  dilaksanakan oleh para Pastor dari masing-masing paroki dan Mudika dan diadakan di Pargodungan Pakkat, dengan  Paroki Pakkat danMudikanya menjadi tuan rumah. Diikuti oleh peserta dari Paroki Pakkat, Paroki Parlilitan, Paroki Dolok Sanggul, Paroki Lintong ni huta, , Paroki tarutung. Dan pada sesi penutupan, akan diadakan pawai keliling kota Pakkat, dan ditutup oleh Bupati Humbang Hasundutan, Drs. Maddin Sihombing.

Diharapkan, kegiatan ini memberikan manfaat bagi para kaum muda Katolik di Humbanghasundutan, dan kemuliaan Tuhan menjadi nyata di dunia ini. Ade Candra Sihotang.

2 thoughts on “75 Tahun Pelayanan Gereja Katolik di Tanah Batak

  1. Orang Batak yang pertama menjadi Katolik adalah Elias Pandiangan pada tahun 1912 di Batavia. Pemabtisan orang Batak pertama menjadi Katolik adalah tahun 1926 di Medan. Apakah Medan termasuk Tanah Batak? Pembaptisan yang pertama orang Batak di Tapanuli (Balige) terjadi pada tahun 1935. Dari tahun 1935 ke tahun 2010 memang 75 tahun. Berarti pembatisan yang di Balige lah yang dirayakan. Berarti Medan bukan Tanah Batak. Padahal Medan didirikan oleh Guru Patimpus yang adalah keturunan Sisingamangaraja. Pertimbangkanlah ini. Salam damai. Pro ecclesia et patria. Horas.

  2. Salam Sejahtera,

    Saya mau minta tolong, jadwal KPP, kapan diadakannya??

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s