Bursa Calon Bupati Humbahas Hangat Dibicarakan


http://www.analisadaily.com/

Dolok Sanggul, ( Analisa)

Bursa calon Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) saat ini hangat dibicarakan dengan menampilkan tokoh nasional maupun tokoh daerah.Masa jabatan Bupati Humbahas, yang kini dijabat Drs. Maddin Sihombing dengan Wakil Bupati , Marganti Simanullang akan berakhir pada Juni 20l0 mendatang.

Sejumlaha nama yang mencuat ikut serta dalam pertarungan merebut Jabatan Bupati Humbahas priode 20l0-20l5 itu menampilkan sejumlah pejabat yang kini bertugas di luar kabupaten Humbahas dan yang juga bertugas di lingkungan Pemkab Humbahas. Selain itu sejumlah tokoh pengusaha yang bergerak dfi luar Kabupaten Humbahas.

Sejumlah tokoh yang santer disebut-sebut bakal turut ambil bagian dalam pencalonan Bupati Humbahas tersebut masing-masing, Drs. Maddin Sihombing yang kini menjabat Bupati Humbahas.

Sebagai tokoh in cumben, sejumlah tokoh masyarakat baik di Kecamatan Dolok Sanggul, Lintongnihuta dan Pollung,menyebutkan peluang bagi Drs. Maddin Sihombing untuk dua priode cukup besar mengingat semasa jabatannya sebagai Bupati Humbahas, pembangunan di bverbagai sektor cukup pesar.

Yang paling menyolok adalah pembangunan infrastruktur seperti jalan yang dapat mengakses jalan ibukota kecamatan dengan desa. Dampak positipnya ada peningkatan roda perekonomian masyarakat yang sangat terasa ditengah masyarakat meskipun tidak secara signifikan.

Selain itu,Drs. Maddin Sihombing disebut-sebut telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan sistim kunjungan kerja ke kecamatan-kecamnatan sekaligus menyebut dirinya bakal ikut kembali dalam pertarungan Pilkada Humbahas tahun 20l0.

Namun banyak juga masyarakat yang menuding Bupati Humbahas Drs. Maddin Sihombing kurang melakukan pengawasan kepada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam hal penggunaan anggaran APBD maupun kucuran dana bantuan Pemerintah atasan. Sehingga diduga ada kebocoran dan penyimpangan dalam penggunaan APBD dan bantuan Pemerintah Pusat.

Sementara itu Calon lainnya yang ramai diperbincangkan masyarakat adalah, Baginda Lumban Gaol SH yang kini masih aktif bertugas di Departem,en Hukum dan HAM disebut-sebut bakal berpasangan dengan Saul Situmorang yang kini bertugas sebagai Kepala Bappeda kabupaten Tapanuli Utara.

Baginda Lumban Gaol Putra kecamatan Sijamapolang yang mantan Kajari Tarutung ini,pada Pilkada Humbahas 2005-20l0 ikut mencalonkan diri, namun berhasil dikalahkan Drs. Maddin Sihombing dan menduduki pemenang kedua dari lima pasangan yang bertarung pada waktu itu.

Calon lain yang santer disebut antara lain,Marganti Manullang yanmg kini menjabat Wakil Bupati Humbahas, namun belum diketahui bakal berpasangan dengan siapa, Erwin Sihombing putra Lintongnihuta yang kini bertgerak di bidang wiraswasta di Jakarta bakal berpasangan dengan Manapar Manullang yang kini bertugas sewbagai Redaktur Harian Sinar Indonesia Baru Medan.

Manapar Manullang sebagai putra kecamatan Parlilitan Humbahas ini.belakangan ini namanya cukup mencuat. Calon lainnya adalah Banuasi Simamora yang kini sedang bertugas di Kalimantan bakal berpasangan dengan Ir. Darwin Lumban Gaol yang kini bertugas sebagai Kepala Dinas Kehutanan Humbahas.

Sementara belakangan ini disebut-sebut Drs. Maju Siregar yang kini menjabat Kepala Dinas Parwisata Medan, bakal ikut dalam bursa pencalonan Bupati Humbahas. Putra Desa Siria-ria kecamatan Pollung ini masih belum diketahui berpasangan dengan siapa.

Sumber di KPU Humbahas menyebutkan, diantara para bakal calon tersebut diatas, bahkan sudah ada yang gencar sosialisasi kepada masyarakat dengan sistim pendekatan keluarga. (ama)

2 thoughts on “Bursa Calon Bupati Humbahas Hangat Dibicarakan

  1. Pak Bernard Simamora (www.bernardsimamora.com), putra Humbahas yang berkiprah sangat baik di Jawa Barat sebagai tokoh pendidikan dan wiraswastawan, sangat layak menjadi pemimpin Humbang Hasundutan. Sebab, selama ini dia mengetahui persoalan2 Humbahas, khususnya kelebihan dan kekurangan pemerintah yang sekarang, Persoalannya, apakah dia mau dan ada partai yang mengusungnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s