PILKADA HUMBAHAS 2010 BAKAL KETAT


http://www.news.id.finroll.com/

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Humbang Hasundutan masih sekitar 11 bulan lagi. Namun berdasarkan sumber HORAS sudah muncul beberapa bakal calon (balon) bupati yang siap maju, seperti: Drs. Maddin Sihombing, MSi, DR.P.Benny Manullang, Baginda Lumban Gaol,SH, Kombes Pol Bazoka Togatorop,MM, Marulam Simamora,SE, DR.Maju Siregar, Ir. Darwin Lumban Gaol, dan lainnya.

Pilkada Humbanghas bakal diramekan para calon bupati priode 2005-2010,seperti: Baginda Lumbang Gaol yang akan berpasangan dengan Saul Situmorang, SE,MM, Marulam Simamora, Drs Maddin Sihombing,MSi,- Drs. Marganti Manullang. Sementara DR.P.Benny Manullang yang menjadi juru kampanye pasangan Maddin-Marganti  pada 2005 kabarnya sedang menggodok wakilnya dari marga Sihombing dan Simamora.

Berdasarkan perbincangan  HORAS dengan sejumlah warga Humbang Hasundutan di Dolok Sanggul pada 27-29 Juli, pasangan Baginda Lumban Gaol – Saul Situmorang dianggap sebagai penantang terkuat bagi pasangan Maddin Sihombing – Marganti Manullang (jika pasangan ini masih tetap satu paket-Red)  Sebab, sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari kubu Maddin-Marganti yang mengatakan mereka  akan tetap berpasangan pada 2010-2015 atau sebaliknya akan maju masing-masing sebagai kandidat.

Dengan belum adanya kejelasan dari kubu Maddin-Marganti, membuat para elite Si Raja Oloan (marga dengan penduduk terbesar bersama marga  Marbun di Humbanghas di perantauan mulai melirik P.Benny Manullang untuk maju. Jika hal tersebut terjadi, maka pilkada Humbanghas bakal ketat, panas, alot, dan sekaligus menarik. Sebab, balon lain, seperti Marulam Simamora, Bazoka Togatorop, dan Maju Siregar adalah sosok yang dinilai memiliki kredebilitas dan kemampuan yang cukup tangguh untuk memimpin Humbanghas ke depan.

Ir.Binsaren Lumban Bantu kepada HORAS mengatakan, sangat positif bila banyak calon bupati yang maju  karena masyarakat Humbanghas dapat memilih yang terbaik. Dalam pengamatannya, ada sejumlah nama yang layak memimpin Humbanghas ke depan, terutama Baginda Lumban Gaol, P.Benny Manullang, dan incumbent Maddin Sihombing.

“Saya piker, Pak Benny Manullang sangat layak menjadi pemimpin Humbang Hasundutan. Sebab, selama ini dia telah memberikan perhatiannya. Persoalannya sekarang, saya belum tahu apakah beliau bersedia untuk maju,” tutur Lumban Batu yang juga pengusaha sukses asal Humbang Hasundutan itu.

Tokoh masyarakat Humbanghas TN Nainggolan saat berbincang dengan HORAS mengaku bahwa selama empat tahun kepemimpinan Maddin Sihombing-Marganti Manullang di Humbanghas, pembangunan sudah sangat terasa, yakni dengan berdirinya sejumlah kantor megah, pembangunan gedung sekolah, tali air, pembukaan jalan, peningkatan sektor pertanian, dan lainnya. Ia melihat bahwa kemajuan Humbanghas merupakan kerja keras duet Maddin-Marganti sehingga pasangan ini pun diharapkan tetap satu paket pada periode 2010-2015.

Sementara itu seorang warga Dolok Sanggul marga Simamora di sela-sela peringatan ulang tahun Humbanghas  ke 6, mengatakan kepada HORAS bila pasangan Maddin-Marganti tetap bersatu, maka mereka berpeluang besar terpilih kembali. Sebaliknya, bila mereka pecah kongsi dan masing-masing maju sebagai colon bupati, keduanya bakal kalah.

Tetapi, seorang warga desa Baringin, Kecamatan Parlilitan, bermarga Manullang berbeda pendapat. Menurut dia,walaupun Maddin-Marganti satu paket, tetapi bila nantinya DR.P.Benny Manullang maju sebagai calon, maka konstituen dari marga Si Raja Oloan akan memilih P.Benny Manullang. Sebab, selama ini P.Benny Manullang selain menjabat Ketua I, Manullang, Boru, dan bere Se-Indonesia, ia juga sangat dekat dengan warga di Bona Pasogit dan para elite Si-Raja Oloan di perantauan. Belum lagi ada beberapa marga Sihombing yang bakal maju menjadi calon bupati dan wakil bupati Humbanghas.

“Kalau Pak Benny Manullang maju, menurut saya pasangan yang terkuat justru Baginda Lumban Gaol, SH – Saul Situmorang, SE,MM. Soalnya, pak Baginda akan berjuang maksimal, karena sudah pernah kalah. Apakah calon wakil bupatinya yakni Saul Situmorang selama ini dikenal sebagai pemikir handal di Pemkab Tapanuli Utara sejak masa Bupati RE.Nainggolan. Pokoknya, pilkada Humbanghas bakal cantik Lae, apalagi bila marga Simamora mencalonkan satu orang saja, mereka juga berpeluang besar menang. Jadi kekuatan masing-masing pasangan nantinya bakal dipecah kubu lawan. Tetapi, P.Benny Manullang tetap kuda hitam,” kata Manullang yang memperkirakan pilkada Humbanghas 2010 bakal berlangsung dua putaran.

Sementara itu, menurut sumber HORAS dari seorang marga Sihombing asal Lintong Ni Huta, para warga Sihombing di Lintong Ni Huta bakal pecah pada beberapa pasangan seiring majunya beberapa calon bupati/wakil bupati dari marga Sihombing. Anehnya, para warga yang berpaling itu adalah para mantan tim sukses Maddin-Marganti pada pilkada Humbanghas pada Juli 2007.

Sementara itu DR.P.Benny Manullang saat ditemui HORAS di kantornya baru-baru ini membenarkan ada beberapa pihak yang memintanya untuk maju menjadi calon bupati di Humbanghas, tetapi hingga kini belum dijawabnya.

“Saya belum bisa memastikan apakah maju atau tidak, tetapi biarlah kita serahkan segala rencana, keinginan luhur kepada Tuhan. Biarlah Tuhan yang memutuskan segala sesuatunya. Sebab,kalaupun saya katakana akan maju atau pun tidak maju saat ini, tetapi kita tidak boleh mendahului keinginan Tuhan,” kata Benny Manullang yang juga seorang penetua gereja itu.TIM/HORAS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s