Balon Bupati Dirikan Centre


http://sinartapanuli.wordpress.com/

Sementara tiga kepala daerah saat ini (incumbent, red), yaitu Monang Sitorus (Bupati Tobasa), Mangindar Simbolon (Bupati Samosir) dan Maddin Sihombing (Bupati Humbahas) hampir dipastikan bakal ikut kembali bertarung dan merupakan saingan ketat dari bakal calon lainnya. Sedangkan dua lainnya, yaitu Walikota Sibolga Drs Sahat Panggabean MM dan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Drs Tuani Lumban Tobing dipastikan tidak ikut lagi mencalonkan di daerahnya karena sesuai UU, seseorang menduduki jabatan kepala daerah yang sama maksimal dua periode.

Meski tahapan belum dimulai, sejumlah nama-nama balon bupati sudah bermunculan. Baik dari kalangan birokrat, pengusaha dan profesi lainnya. Diantara balon pun sudah ada yang mulai bersosilasiasi. Mendirikan centre dan memajang spanduk. Tujuannya adalah perkenalan diri dan menarik simpatik konstituen.

Di Tobasa, ada balon yang sudah mendirikan centre yakni Kasmin Simanjuntak (seorang pengusaha) tinggal di Silaen dan kini terpilih menjadi DPRD Tobasa. Disebut-sebut Kasmin berpasangan dengan Liberty Pasaribu (Sekdakab Tobasa). Selain itu, ada Guntur Manurung (juga pengusaha) sudah memajang spanduk dengan motto Toba Sere (Sejahtera dan Religius. Nama balon bupati lainnya yang santer dibicarakan, adalah Mindo Tua Siagian (wakil bupati saat ini), Reinward Simanjuntak (Kadis PU) Siantar, Tonggo Napitupulu (mantan Sekdakab Tobasa), FLP Sitorus (mantan Kadinkes Tobasa), Budianto Tambunan (eks Camat Balige) Washington Tambunan (Kadis Pertambangan Pempropsu) dan Edison Manurung (calon bupati Tobasa tahun 2005).

Nama balon yang muncul di Samosir diantaranya, Binsar Situmorang (Kadis Koperasi Kota Medan), Rimson Maruli Sinaga (pengusaha), Ober Sagala (Wakil Bupati Samosir) dan Alusdin Sinaga.

Bursa pemilihan calon Bupati Humbahas juga ramai. Nama-nama yang disebut-sebut akan ikut bertarung, antara lain Drs Marganti Manullang, Baginda Lumbangaol SH berpasangan dengan Ir Saul Situmorang, Maju Siregar (Kadis Pariwisata Kota Medan), Bazoka Togatorop (polisi), Banuasi Simamora (Pensiunan Kanwil Imigrasi Kalimantan Timur), Darwin Lumbangaol (Kadis Kehutanan Pemkab Humbahas) dan Edward Sihombing.

Sementara untuk bursa balon Walikota Sibolga ada nama Syarfi Hutauruk (anggota DPR RI tiga periode) yang kabarnya telah mendapat restu dari Akbar Tanjung, Afifi Lubis (wakil walikota) dan RH Sianturi (staf ahli di Pemko Sibolga).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s