Diduga Terkait Manipulasi Data Kependudukan, Kejari Tarutung Tahan Dua Anggota KPUD Kabupaten Humbahas


Posted in Berita Utama by Redaksi on Oktober 15th, 2009

Tarutung (SIB)
Kejaksaan negeri (Kejari) Tarutung menahan dua oknum anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terkait kasus manipulasi data kependudukan saat pencalonan menjadi anggota KPUD daerah tersebut bulan Juli tahun 2008 lalu.
Kedua oknum anggota KPUD Humbahas yang ditahan itu masing-masing inisial FMS SSos (42) dan AS SSos (40).
Demikian informasil yang diperoleh SIB, Selasa (13/10) petang di Tarutung.
Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tarutung Mangasi Situmeang SH LLM, Selasa (13/10) melalui telepon selularnya, pihaknya membenarkan adanya penahanan tersebut.
“Benar ada kita tahan kemarin anggota KPU Humbahas. Tapi lebih lanjut hubungani Kasi Pidum untuk teknis penanganannya,” sebut Mangasi Situmeang SH LLM.
Namun upaya SIB untuk melakukan konfirmasi kepada Kasi Pidum Kejari Tarutung, hingga Selasa malam (13/10) belum berhasil.
Informasi lain yang diperoleh SIB menyebutkan bahwa kedua oknum anggota KPUD Humbahas tersebut saat ini dititipkan di Rutan Tarutung untuk tindak lanjut proses hukum.
Sementara itu, pada kesempatan lain, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tarutung Candra Nasution SH dan B Nababan SH kepada wartawan yang bertugas di Tarutung menjelaskan setelah kasus tersebut dilimpahkan ke Kejari Tarutung dilakukan penahanan karena kuat indikasi ada penipuan. “Ada bukti-bukti kuat makanya kita tahan,” tegas Candra Nasution.
Menjawab pertanyaan, apakah masih ada oknum yang lainnya melakukan manipulasi, Candra menyebutkan, masih dilakukan pengembangan kasusnya. “Jika masih ada dari anggota KPUD lainnya yang melakukan hal yang sama akan dilakukan pengusutan,” katanya. (PR3/i)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s