Gagal Portofolio, 2.683 Guru Ikuti PLPG


http://www.harian-global.com/Friday, 23 October 2009 13:06
Sebanyak 2.683 guru dari 26 kabupaten/kota di Sumut mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahap II karena gagal lulus sertifikasi dari penilaian portofolio tahun 2008. “Dengan dilaksanakannya PLPG tahap II ini, maka semua guru-guru yang tidak lolos melalui portopolio tahun 2008 sudah habis semuanya, meskipun masih ada 5 orang guru asal Medan yang dinyatakan tidak lulus pada PLPG tahap I,” ujar Ketua Divisi Diklat PLPG Unimed, Dr Berlin Sibarani MPd di kampus Unimed Jalan Willem Iskandar Medan, Kamis (22/10).Dijelaskan Berlin, pada PLPG tahap ke II ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober hingga 4 November 2009. Sedangkan pelaksanaan PLPG berikutnya, hanya akan diikuti guru-guru yang tidak lulus portopolio tahun 2009. Guru-guru yang akan mengikuti PLPG tahap II tersebut terdiri dari guru Sekolah Dasar (SD) sebanyak 851 orang, Sekolah Menegah Pertama (SMP) 753 orang, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) 930 orang, Bimbingan Konseling (BK) 100 orang dan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  21 orang. Peserta PLPG ini dibagi dalam 83 kelas dengan jumlah dosen pengasuh sebanyak 332 orang. Tiap-tiap kelas dibimbing masing-masing empat orang pengasuh.

Sibarani yang juga Pembantu Rektor IV Unimed ini menyebutkan, para peserta PLPG tersebut berasal dari Kabupaten dan Kota, yakni Medan 1.101, Asahan sebanyak 167 orang, Batubara 75, Binjai 66, Dairi 2, Deli Serdang 230, Humbang Hasundutan 4, Karo 7, Labuhan Batu 162, Langkat 160, Mandailing Natal 14.

Selain itu Nias 16, Padang Lawas Utara 33, Padang Sidempuan 20, Pakpak Bharat 2, Pematangsiantar 151, Samosir 5, serdang Bedagai 127, Sibolga 2, Simalungun 157, Tanjung Balai 22, Tapanuli Selatan 21, Tapanuli tengah 6, Tapanuli Utara 3, Tebing Tinggi 56, Toba Samosir 69 dan lima orang dari Sekolah Luar biasa.
Bagi peserta yang akan mengikuti pendidikan ini terlebih dulu harus melengkapi berberapa syarat di antaranya fotocopy ijazah S-1 atau D-4 yang telah dilegalisir sebanyak dua lembar, foto copy SK pertama dan terakhir (dilegalisir), surat tugas dari dinas pendidikan, pas photo ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar dan foto copy KTP sebanyak 2 lembar.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan PLPG tahap II ini, guru-guru dapat melihat di website Unimed http/unimed.ac.id atau ke sekretariat PLPG di Unimed.

Kepada para peserta PLPG, Sibarani menghimbau agar mempersiapkan diri dengan lebih baik, mempelajari buku-buku karya ilmiah, bidang studi atau mempelajari modul-modul tahun sebelumnya dengan meminjam dari peserta PLPG sebelumnya.

Sibarani menyebutkan, sebelum pelaksanaan PLPG, hendaknya guru-guru meninjau lokasi diklat agar tidak ketinggalan. Karena kalau terlambat sampai dua sesi akan dianggap gagal. Pelaksanaan diklat II ini menyusul PLPG yang I diikuti 2.082 guru yang semuanya asal Kota Medan  yang berlangsung selama 9 hari dan 90 jam mulai tanggal 7 hingga 16 September 2009. 

Swisma | GLOBAL | Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s