PT Mega Power Mandiri PLTA Aeksumonggo Sosialisasi ke Masyarakat


WRITTEN BY REDAKSI WEB
wednesday, 18 november 2009 09:59
http://www.harian-global.comPengusaha PT MEGA POWER Mandiri selaku Investor Pembangunan PLTA di Aek Simonggo Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan sosialisasi kepada masyarakat di kantor Camat Parlilitan, Senin (16/11).

Didampingi Manajer PLN Ranting Doloksanggul Marfin Tanjung disosialisasikan mengenai  pembangunan penanaman kabel bawah tanah serta jaringan kabel melalui udara di areal lahan dan pemukiman masyarakat.

Saat ini PLTA Aeksumonggo telah siap untuk melayani masyarakat Humbahas bekerjasama dengan PLN Ranting Doloksanggul. Masyarakat dapat mendaftar ke ranting PLN Doloksanggul melalui kepala desa.

Pada sosialisasi itu, masyarakat Parlilitan berharap agar pembangunan tiang dan penarikan kabel PLTA Sumonggo dijauhkan dari pemukiman.

Dalam sosialisasi itu Camat Parlilitan Drs Elson Sihotang mengharapkan kepada pihak PLTA Aek Simonggo dan PLN Ranting Doloksanggul menanggapi keluhan masyarakat, yaitu pembangunan tiang jaringan listirik  tidak lagi melalui pemukiman.

Manajer PLN Ranting Doloksanggul Marfin Tanjung menjelaskan pembangunan PLTA Aek Simonggo bukanlah jaringan bertegangan tinggi tetapi masih dalam kelas tegangan menengah yang menghasilkan tegangan sistem 1.000-35.000 volt.

Sedangkan tegangan tinggi yang dinamakan tegangan ekstra tinggi (TET)  menghasilkan tegangan sistem di atas 245.000 volt dan inilah yang disebut sebagai  Sutet karena radiasi dapat membahayakan dan bisa menyebabkan berbagai penyakit, merusak tumbuhan dan menghambat pertumbuhan anak yang tinggal di sekitar jaringan listrik.

Pihak PLTA Aek Simonggo melalui Humasnya Maringan Tinambunan mengatakan tiang-tiang listrik yang dibangun dekat pemukiman masyarakat  akan dipindahkan melalui kesepakatan. Untuk pendirian tiang listirik dapat melalui Dusun Siboas menuju Huta pinang dan lintasan yang tidak mengganggu pemukiman.

Sosialisasi dihadir manajer PLTA Aek Simonggo Ir. Heru Mulyanto Teknisi lapangan Ir Yasid, Bripka LAM Sinaga mewakili Kapolsek Parlilitan, Serma Amat Supingi mewakili Danramil Parlilitan, Kepala Desa Sihas Tonga Jahinus Hasugian dan kepala desa lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat.

Robert Lumbangaol | Global | Dloksanggul

2 thoughts on “PT Mega Power Mandiri PLTA Aeksumonggo Sosialisasi ke Masyarakat

  1. Baguslah..10-20 tahun kedepan itu bisa jadi SUTET krna kebutuhan pasti meningkat..jadi hidari dari pemukiman dari sekarang.

  2. Baguslah..10-20 tahun kedepan itu bisa jadi SUTET krna kebutuhan pasti meningkat..jadi hindari dari pemukiman dari sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s