Otorita Asahan Anggarkan Rp 66 Miliar Lebih Bantuan Untuk 10 Kabupaten/Kota


Posted in Berita Utama by Redaksi on Desember 28th, 2009

Tarutung (SIB)
Otorita Asahan pada tahun 2009 ini menganggarkan dana bantuan Rp 66,7 miliar untuk 10 kabupaten/kota wilayah ekosistem dengan Danau Toba dan PT Inalum. Bantuan tersebut merupakan hasil dari PT Inalum yang mengelola pabrik aluminiun di Asahan, PLTA Sigura-gura dan PLTA Tangga di Porsea Tobasa.
Ketua Otorita Asahan Ir Effendi Sirait menyerahkan secara simbolis bantuan tahap pertama untuk kabupaten Tapanuli Utara kepada Bupati Torang Lumbantobing, Rabu (23/12) di Balai Pelatihan Pertanian Siarangarang Tarutung.
Besarnya nilai bantuan yang diserahkan Rp 611.725.000 dalam bentuk alat mesin pertanian berupa hand traktor dan mesin kompos. Penyerahan itu langsung dihadiri pengurus sebanyak 25 kelompok masyarakat (Pokmas) penerima bantuan.
Ketua kelompok kerja (Pokja) penanganan penyerahan dan penerimaan bantuan Ir Alboin Siregar yang juga Kadis Kehutanan Tapanuli Utara menjelasakan tujuan pemberian bantuan Alsintan tersebut adalah untuk meningkatkan mekanisme dan produktivitas pertanian di Tapanuli Utara.
Bantuan itu bersifat hibah, maka diharapkan para kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan untuk mengoptimalkan pengolahan lahan dan meningkatkan produktivitas paska panen yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
Sebelum menyerahkan bantuan, Ketua Otorita Asahan Ir Effendi Sirait menjelaskan bantuan Otorita Asahan mencakup program konservasi lingkungan, program pemberdayaan ekonomi masyarakat, program pembangunan infrastruktur pedesaan dan program pemberdayaan pendidikan.
Maksud dan tujuan program antara lain untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Proyek Asahan. Kabupaten/kota yang mendapat bantuan adalah wilayah di sekitar ekosistem Danau Toba dan wilayah strategis proyek Asahan meliputi Kabupaten Tapanuli Utara, Tobasa, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Tanah Karo, Simalungun, Asahan, Batubara dan Kota Tanjung Balai.
“Nilai bantuan tahun 2009/2010 yang direncanakan sekira Rp 66,7 miliar yang akan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama senilai Rp 17,3 miliar untuk 225 Pokmas di 10 kabupaten/kota dan tahap kedua Rp 49,4 miliar,” sebutnya sembari menjelaskan penyerahan bantuan dilakukan pebuh kehati-hatian untuk menghindari masalah di kemudian hari.
Otorita Asahan katanya juga meneruskan dan meningkatkan program bantuan bea siswa yang pada tahun 2009 diberikan bea siswa untuk SD, SLTP, SLTA sebanyak 12.000 siswa di 10 kabupaten/kota tersebut. Berikutnya bea siswa untuk S1 sebanyak 100 orang dan S2 sebanyak 20 orang.
Menurut Ir Effendi, bantuan serupa akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang dan besar dana yang dianggarkan diupayakan lebih meningkat.
Usia menerima bantuan, Bupati Taput Torang Lumbantobing mengucapkan terima kasih atas perhatian Otorita Asahan dan kepada kelompok masyarakat penerima bantuan dihimbau mensyukuri bantuan tersebut dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga benar-benar berguna demi kesejahteraan rakyat.
Pada kesempatan itu Bupati Torang Lumbantobing menyampaikan kepada pihak Otorita Asahan bahwa Tapanuli Utara sudah sepantasnya menerima bantuan yang lebih besar mengingat sebelum pemekaran kabupaten Tapanuli Utara menjadi beberapa kabupaten maka PT Inalum khususnya PLTA Sigura-gura jelas berada di Tapanuli Utara.
Menurutnya, Tapanuli Utara pantas untuk menerima bantuan sebesar Rp 50 miliar, jadi bukan lagi sepersepuluh dari Rp 66,7 milar yang dianggarkan tahun 2009/2010. Pernyataan Bupati tersebut sekaligus menimpali permintaan perwakilan Pokmas Panden Simorangkir yang mengharapkan Otorita Asaha memberikan bantuan Rp 10 miliar untuk Taput.
Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri sejumlah pejabat Otorita Asahan antara lain Kepala Perwakilan Medan Ir PSM Tobing, staf Otorita Asahan dari Jakarta M Walter Siagian MSi, Drs Eduward Sinuhaji dan sejumlah pimpinan SKPD Taput antara lain Kadis Pertanian Ir Darmi Siahaan MM, Kadis Penloka Ir James Simanjuntak MM, Kepala Bappeda Drs Parsaoran Hutagalung, Kakan Lingkungan Hidup Drs Ipen Hutagalung, Kakan Ketapang Junter, Kabag Ekon O Silalahi SE. (PR3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s