Pemkab Humbahas Sosialisasi Penyuluhan Hukum di 10 Kecamatan


http://www.harian-global.com
WRITTEN BY REDAKSI WEB
saturday, 26 december 2009 12:07

Untuk semakin dimengerti dan lebih mengenal  tentang pengertian hukum, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan ( Humbahas) melaksanakan sosialisasi penyuluhan hukum terpadu yang dilaksanakan mulai Senin  21 sampai dengan 29 Desember 2009. Hal ini dikatakan Vanses Siregar Rabu (23/12) di Lintongnihuta
“Sosialisasi ini digelar agar kesadaran hukum pemerintah dan masyarakat meningkat sehingga dapat diterapkan bagaimana pengertian tentang pelaku yang melanggar hukum dalam peraturan undang-undang,” kata Kabag Hukum Pemkab Humbahas S Rajaguggug SH, Rabu (23/12).

Kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum dilaksanakan di 10 Kecamatan Humbahas antara lain Kecamatan Doloksanggul dan Sijamapolang dilaksanakan Senin (21/12),  di Pollung dan Baktiraja dilaksanakan Selasa (22/12) dan Kecamatan Lintongnihuta dan Pakkat dilaksanakan 23 Desember serta Parranginan dan Onanganjang dilaksanakan 28 Desember, sedangkan Parlilitan dan Tarabintang di laksanakan 29 Desember.
Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi oleh dua tim yaitu Tim I dibawakan Ramses E Sibarani SH, Vanses Siregar, Baaz Sigalingging SH sedangkan Tim II dibawakan J Trianto Hutabalian SH, Syah Rijal Simamora SH, Evanaldo Sinaga SH.

Menurut S Rajaguggug SH, hukum merupakan rangkaian kaidah, peraturan-peraturan tata aturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang menentukan atau mengatur hubungan antara para anggota masyarakat.
Rajagugug menjelaskan, hukum juga sebagai alat untuk menegakkan sebuah aturan seperti kalau ada yang melanggar aturan tersebut maka si pelanggar aturan akan dihukum sesuai besar kecilnya aturan yang dilanggar.

“Untuk menghindarkan hal yang demikian diharapkan agar semua pihak dapat sadar hukum. Ciri-ciri hukum yaitu adanya suatu perintah larangan,” sebutnya.
Sementara dari kepolisian  dalam materinya memaparkan peranan Polri menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah dimana Polisi sebagai pelayan masyarakat dalam keamanan. Karenanya pihak Polres juga mengharapkan agar saling menjaga ketentraman dan menghindari hal-hal yang melanggar peraturan hokum.
Sedangkan pihak pengadilan dalam materinya mengatakan kedudukan dan peranan perempuan dalam hukum adat peraturan-peraturan hukum tidak tertulis yang tumbuh berkembang dan dipertahankan dengan kesadaran hukum masyarakat yang bersifat tradisional dan berpangkal kepada kehendak nenek moyang. Karena itu, keinginan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu selalu dikembalikan kepada pangkalnya.

Kejaksaan dalam materinya memaparkan tugas yang dilaksanakan pada bidang pidana yaitu  melakukan penuntutan, melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat, putusan pidana pengawasan dan putusan lepas bersyarat.
Selain itu, institusi ini juga melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan UU serta melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu, dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannnya dikoordinasikan dengan pengadilan.

Robert LumbanGaol | Global | Doloksanggul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s