Bupati Humbahas Bantu Korban Kebakaran di Pusuk


http://batakpos-online.com

Dolok Sanggul, BATAKPOS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Bupati Humbahas Maddin Sihombing  memberikan bantuan berupa uang dan beras sekaligus membuat Boras Sipirni Tondi (sejumput beras di atas kepala) kepada para korban musibah kebakaran di Dusun Pusuk II, Desa Pusuk Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbahas, yang terjadi pada Rabu (6/1) di mana penyebabnya diduga arus pendek listrik. Selain menghanguskan rumah juga seluruh perabot dan peralatan rumah tangga bahkan ada mesin juga di mana kerugian ditaksir sekitar Rp 7 juta.

Seperti yang disampaikan Assiten III Sekretariat Pemkab Humbahas bahwa Bupati memberikan bantuan kepada pemilik tujuh pintu rumah yang hangus terbakar, yaitu Rapinus Sihotang, Erwin Siringoringo, Lusia Mahulae, Lasmarito Mahuae, Richard Mahulae, Oppung Endang Br Malau, dan Opung Freddy Br.Tamba masing-masing Rp3juta dan beras 1 karung.

Sementara kepada tiga pemilik rumah yang dibongkar agar api jangan merembes, yaitu Budi Mahulae, Oppung Alfonsius Mahulae, dan  Diana Marbun masing-masing Rp2 juta dan beras satu karung.

Selain itu Ketua Tim penggerak PKK memberikan bantuan berupa peralatan alat rumah tangga yang sangat dibutuhkan sehari-hari berupa piring dan gelas kepada setiap kepala rumah tangga yang menjadi korban baik yang rumahnya terbakar maupun yang dibongkar.

Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing, MSi yang didampingi sejumlah pejabat antara lain Sekdakab Humbahas, Asisten I Drs Onggung Silaban dan III Usman Sihotang, SPd, sebelum membuat boras sipirni tondi mengatakan, pembuatan beras adalah simbol agar warga yang mengalami musibah tetap bersabar dan tabah menghadapi cobaan. Disebutkan pula bahwa cobaan datang itu bukan atas kehendak manusia, tapi kehendak Tuhan.

Sementara itu, Ketua Tim PKK Humbahas Ny Maddin Anni Rosma Br Napitupulu meminta agar para korban yang mengalami musibah tetap bersabar dan tabah dalam mengalami musibah ini. Sedangkan Kepala Desa Pusuk Hotma Mahulae mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemkab Humbahas.

Asisten I Sekretariat Pemkab Humbahas Drs Onggung Silaban yang juga Plt Kepala Dinas Kehutanan dengan didampingi Kabag Tapem DrsMakden Sihombing kepada BATAK POS di Pusuk Jumat, (8/1) mengatakan, Bupati sangat prihatin atas musibah yang menimpa masyarakatnya. Begitu  mengetahui adanya musibah kebakaran tersebut, Bupati Maddin langsung memerintahkannya untuk mengunjungi para korban. pol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s