Rambe Galang Dana Untuk Masyarakat Pakkat


http://batakpos-online.com

PESTA bona taon (syukuran awal tahun) yang digelar Parsadaan Rambe di Balai Pertemuan Hermina, Jakarta, Sabtu (13/2) di warnai aksi menggalang dana untuk gerakan kepedulian di Kecamatan Pakkat. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

“Kepedulian masyarakat perantau melalui parsadaan (perkumpulan) marga sangat potensial untuk membantu perubahan di kampung halaman termasuk di Parsadaan.

Rambe, Boru, Bere/Ibebere yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” ujar  Aminuddin Rambe Anak Raja kepada BATAKPOS di sela-sela acara.

Melalui pesta syukuran awal tahun ini,  Aminuddin yang bertindak sebagai Sekretaris Panitia Bona Taon ini mengatakan, mereka telah menyatukan persepsi untuk mewujudkan Pesta Horas Rambe di Pakkat pada tanggal 2-3 Juli mendatang. “Melalui pesta ini, kita akan menggali dan menjelaskan kepada masyarakat bahwa di Pakkat masih butuh uluran tangan masyarakat perantau,” katanya.

Dijelaskan lagi, nilai-nilai budaya dan peninggalan leluhur marga Rambe yang terdiri dari Rambe Purba, Rambe Manalu dan Rambe Anak Raja masih banyak yang perlu dilestarikan sebagai wujud kebudayaan yang tidak ternilai harganya.

Seperti, tarombo (sisillah) Bukku Tumbago yang kini hanya dimiliki dua marga  Batak di Indonesia, Hujur (tombak), Golok Sitistis Nambur, mata air di Batu Gajah, rumah kuno (sopo) dan lain-lain merupakan peninggalan nenek moyang yang tiada duanya.  “Masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat, melalui Pesta Horas Rambe nanti, hal ini akan lebih memasyarakat,” katanya.

Ia juga mengataka, Bangso Batak mempunyai nilai budaya dan tata krama dalihan na tolu yang harus mampu mempertahankan. Selain juga menggali nilai-nilai budaya sehingga harkat dan martabat Bangso Batak, tetap eksis dan terjaga.

Parsadaan Rambe juga telah berupaya semaksimal mungkin untuk membangun Pakkat sebagai salah satu daerah yang bisa nantinya berkembang. Melalui pengembangan sumber daya masyarakat, yaitu dengan memberikan bea siswa dan bantuan lainnya kepada anak-anak turunan marga Rambe, diharapkan akan berhasil menciptakan manusia-manusia yang handal sesuai dengan perkembangan teknologi.

Secara fisik dikatakan, selain telah membangun jalan dan meningkatkan pertanian, perkebunan dan lain-lain di Pakkat, mereka juga memberikan sumbangan penerangan melalui pengembangan tenaga hidro di desa-desa. “Itu sudah rutin kita lakukan,” katanya.

Pesta bona taon tahun ini juga tidak lepas dari kegiatan rutin tahunan sebagai perwujudan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena segenap anggota Parsadaan (Perkumpulan)  Rambe, Boru, Bere/Ibebere se-Jakarta dan sekitarnya telah dilindungi dan memasuki tahun 2010 dalam  sukacita dan sejahtera.

Pesta bona taon adalah ajang silaturahmi juga. “Dan yang paling penting adalah untuk mensosialisasikan kepada seluruh marga Rambe se Jakarta dan sekitarnya sehubungan dengan rencana besar marga Rambe dalam kegiatan Pesta Horas Rambe 2010 yang akan diikuti dan dihadiri oleh seluruh punguan Rambe ataupun keluarga-keluarga marga Rambe beserta anak boru maupun Bere/Ibebere dari segenap penjuru nusantara dan juga beberapa saudara-saudara yang bermukim di luar negeri,” katanya. aru

One thought on “Rambe Galang Dana Untuk Masyarakat Pakkat

  1. kapan ya dibagan siapaiapi diadakan acara seperti itu buat mempererat lagi hubungan silaturrahmi swsama marga rambe…………
    was……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s