Anak Desa yang Menjadi Jenderal Pertama dari Marga Sinaga


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Irjen Pol  Drs Alpiner Sinaga 

“Saya tidak malu dan sungkan untuk memperkenalkan diri kepada setiap kenalan sebagai orang yang berasal dari Desa Siambaton, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Sebuah desa kecil, bahkan tidak terlihat di peta Sumatera Utara,” Demikian kata Irjen Pol Drs Alpiner Sinaga pada syukuran kenaikan pangkat dari Brigjen Pol yang diselenggarakan oleh Punguan Pomparan Toga Sinaga Boru, Bere, Ibebere (PPTSB) Pakkat Hauagong, Kecamatan Pakkat baru-baru ini.

Alpiner juga menceritakan kisah hidupnya yang saat berumur tiga tahun telah ditinggal mati bapaknya, sehingga otomatis hanya ibunya yang memelihara dan membesarkannya sampai tamat SMA di Pakkat. Dengan modal nekad dan ijasah SMA dia merantau ke Jakarta dan diterima di Akademi Kepolisian, di mana sembari bekerja terus berupaya menuntut ilmu.

Diceritakanya, kalau berangkat dan pulang sekolah ia harus melewati sungai, sehingga tidak jarang dia basah kuyup sesampainya di rumah karena hujan turun. “Jarak sekitar 15 km dari rumah ke sekolah harus aku jalani setiap hari. Sepulang  sekolah harus membantu ibu di ladang baik itu untuk menanam padi maupun ubi yang semua hasilnya itu diberikan kepada kami sebagai biaya sekolah,” ujar Alpiner seraya menatap ibunya dengan mata berkaca-kaca.

Ibu Alpiner, Oppung Aulya Sinaga Br Siambaton juga menceritakan sedikit kisah hidup pedih yang dialaminya sepeninggal suaminya yang mana ia harus memelihara dua anak. Ia harus bangun pukul 05.00 pagi untuk menyiapkan sarapan dan bekal anaknya di sekolah berupa gadong (ubi kayu). “Kami yakin semuanya ini diperoleh anakku hanya karena berkat Tuhan serta doa dari seluruh keluarga, karena saya hanya sanggup memberangkatkan anakku hanya setamat SMA saja,” ujar Oppung Aulya.

Ketua PPTSB Pakkat Hauagong S Sinaga atau Pak Toris menyampaikan rasa senang dan harunya karena Alpiner dipercaya oleh negara mendapat bintang dua yang selain sebagai salah satu putera terbaik dari Humbahas juga merupakan salah satu putra terbaik keturunan Toga Sinaga. Karena baru kali ini ada yang memperoleh bintang dua. “Kami harapkan dapat melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan negara dengan baik di mana saat ini menjadi  tenaga pengkaji bidang hukum dan hak asasi manusia di Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia,” kata Toris. pol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s