Bulog Sesalkan Humbahas Belum Minta Raskin


Medan, BATAKPOS

Bulog Sumatera Utarat menyesalkan sikap Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) yang belum mengajukan permintaan beras untuk warga miskin (raskin), ditengah upaya pemerintah untuk menambah volume raskin itu menjadi 15 kg setiap bulannya.

“Sebelumnya ada beberapa kabupaten yang belum mengajukan SPA (surat perintah alokasi,red), tetapi setelah beberapa kali Bulog mengimbau, akhirnya mereka mengajukan SPA. Tinggal Humbahas yang masih juga membandel tanpa alasan jelas,” kata Humas Bulog Sumut, Rusli Siregar, di Medan, Senin (22/3).

Padahal, dipastikan warga daerah itu membutuhkan raskin ditengah harga beras di pasar yang masih bertahan mahal, termasuk harapan Bulog agar realisasi raskin 2010 bisa 100 persen serta adanya rencana pemerintah menaikkan volume raskin yang diterima warga menjadi 15 kg dari 13 kg sebelumnya.

Bulog akan kembali mendesak Pemkab Humbahas untuk segera mengajukan SPA raskin itu, di mana rencana alokasi untuk daerah itu berkisar 219 ton per bulan.

Dia mengakui, di Nias dan Nias Selatan, raskin belum didistribusikan, termasuk di Mandailing Natal yang realisasinya masih sedikit.

“Tetapi ketiga kabupaten itu sudah megajukan SPA dan itu lebih baik ketimbang Humbahas yang belum mengajukan SPA padahal sudah mendekati bulan ke empat (April,red),” katanya.

Dengan adanya raskin yang dijual pemerintah hanya dengan harga Rp1.600 per kg, dipastikan warga sangat tertolong.

Masih adanya kabupaten yang belum mengajukan SPA dan alokasi yang minim, maka secara total penyaluran raskin di Sumut hingga 19 Maret 2010 masih 50,83 persen atau 19.177 ton. “Diharapkan semua kota/kabupaten menyalurkan raskin sebagaimana mestinya, karena warga dipastikan tidak ada yang menunggak pembayaran,” katanya.

Jumlah penerima raskin di Sumut tahun ini sebanyak 937.722 rumah tangga sasaran (RTS) atau lebih rendah sedikit dibandingkan angka tahun lalu yang sebanyak 944.972 RTS. ant/rob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s