Humbahas Ikuti PRSU 2010


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Walaupun dengan peralatan dan bahan seadanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) tetap mengikuti Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) bertempat di Tapian Daya Medan. Pada 2009 Kopi Humbang Mas telah membawa harum nama Sumatera Utara pada Expo di Jakarta.

Demikian dikatakan Mery Samosir didampingi Dona Sianturi penjaga stand Humbahas pada kepada BATAKPOS, Sabtu (27/3).

Disampaikan pula sebagai tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja,  Piso (Pisau) Gaja Dompak sebagai ikon RSS turut serta dan selaku diikutkan dalam setiap kegiatan Pemkab Humbahas. Piso Gaja Dompak sendiri adalah sejenis pisau bercabang dua, di mana hanya bisa dikeluarkan dari sarungnya oleh pewaris kerajaan Sisingamangaraja dan bila tidak pewaris walaupun keturunannnya tidak akan bisa membukanya.

Selain itu berbagai hasil pertanian dari Humbahas turut dipamerkan, yaitu salak yang berasal dari Kecamatan Pakkat, kemenyan dari wilayah Papatar, Dolok Sanggul, Sijamapolang.  jeruk, kentang, wortel dari Dolok Sanggul dan Lintong Nihuta, Piso Gaman dari Gaman Tarabintang, Batu Gunung Api yang mengandung emas dari wilayah Papatar khususnya Dolokpinapan, dan lainnya. pol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s