Menjelang Penetapan Calon Bupati Humbahas


Doloksanggul (SIB)
Menyikapi peningkatan suhu politik yang semakin memanas menjelang penetapan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat menyerukan agar KPU Humbang Hasundutan benar-benar bekerja secara netral dan profesional.
Kepada Wartawan Direktur Eksekutive Pusat Study Pengkajian Pembangunan Wilayah Sumut Ronson H Simaremare SS mengatakan, untuk menjaga kekondusifan daerah tersebut, sangat mengharapkan netralitas KPU Humbahas, KPU Humbahas juga diharapkan menghindari intervensi dari pihak tertentu dalam menetapkan calon-calon bupati dan wakil bupati Humbang Hasundutan periode 2010-2015.
“Kita sangat mengharapkan netralitas dan profesionalitas para komisioner KPU Humbang Hasundutan dalam menetapkan calon bupati Humbang Hasundutan periode 2010-2015. Karena apabila KPU Humbang Hasundutan sempat salah apalagi sampai tidak netral dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kabupaten hasil dari pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara tersebut,” kata Ronson.
Di tempat terpisah Korwil Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia Sumatera Utara PMPHI SU Drs Gandi Parapat juga mengatakan hal yang hampir senada, didampingi Korwil PMPHI Tapanuli Rivay Toruan, Gandi mengatakan kiranya KPU Humbang Hasundutan bekerja dengan hati nurani, netral profesional serta mengindahkan intervensi dari pihak manapun.
ita menginginkan daerah ini kondusif. Untuk itu KPU juga harus ikut berperan dalam mengkondusifkan Humbang Hasundutan dengan membuat keputusan yang bijak dan adil kepada semua bakal calon bupati dan wakil bupati, sehingga kekhawatiran sebagian orang akan hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.
Sementara itu, Korwil PMPHI Tapanuli juga mengharapkan agar masyarakat tidak mau terpola dan terpengaruh oleh pemberitaan beberapa media yang terkesan sangat tendensius dan cenderung memojokkan beberapa balon bupati dan balon wakil bupati sebelum KPU memutuskan siapa-siapa yang berhak ikut bertarung dalam Pemilukada 9 Juni 2010 nanti.
Kita mengharapkan KPU yang akan memberikan pernyataan resmi kepada masyarakat tentang siapa-siapa calon yang berhak ikut dalam Pemilukada 9 Juni nanti.
“Kita serahkan saja kepada KPU Humbang Hasundutan untuk menilai mana yang berhak lolos dan mana yang tidak berhak lolos. Hanya kita sebagai masyarakat berhak mengawal proses penetapan tersebut sehingga anggota KPU Humbang Hasundutan dapat bekerja maksimal tanpa dipengaruhi oleh apa dan siapapun juga,” ujar Simaremare. (Pr4/y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s