PTUN Medan Kabulkan Gugatan Saut Simamora-Parlaungan Lumbatoruan Terhadap KPU Humbahas


Posted in Medan Kita by Redaksi on Mei 11th, 2010

Medan (SIB)
Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan mengabulkan gugatan balon bupati/wakil bupati Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Saut Parlindungan Simamora-Ir Parlaungan Lumbantoruan (penggugat) terhadap ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Humbahas dengan perintah agar keduanya ditetapkan sebagai pasangan calon Pilkada Humbahas periode 2010-2015.
Demikian diputuskan hakim tunggal yang mengadili dan memeriksa perkara gugatan penggugat, Sutiyono SH MH pada persidangan di PTUN Medan, Senin (10/5) dihadiri kuasa hukum penggugat J Girsang SH dan Christine SH serta kuasa hukum tergugat Nur Alamsyah SH dkk.
Dalam amar putusannya, hakim menyatakan, tindakan KPU Humbahas (tergugat) yang tidak meloloskan penggugat sebagai pasangan calon bupati/wakil bupati Humbahas cenderung apriori dan terburu-buru serta tidak beralasan hukum.
Menurut hakim, sesuai fakta-fakta yang terungkap di persidangan, tidak ada dualisme kepengurusan DPP Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), tetapi yang ada pergantian kepengurusan saja. Pergantian kepengurusan itu kata hakim telah sesuai Anggaran Dasar partai dan juga telah didaftarkan ke Kementrian Hukum dan HAM.
Tindakan tergugat menerbitkan surat No 350 /KPU-HH/IV/2010 tanggal 8 April 2010 tentang pengumuman pasangan calon yang memenuhi syarat dan menyatakan pasangan penggugat tidak memenuhi syarat, telah melanggar azas persamaan di muka hukum. Tergugat juga lanjut hakim, telah melanggar peraturan yang berlaku dan azas-azas umum pemerintahan yang baik sehingga surat tersebut dinyatakan batal.
Menurut hakim, dengan batalnya surat No 350 itu, maka keputusan KPU Humbhas No 17/KEP/KPU-HH/IV/2010 tentang penetapan pasangan calon, berita acara No 17/BA/KPU-HH/IV/2010 tentang penetapan pasangan calon, keputusan No 18/KEP/KPU-HH/2010 tentang penetapan nama dan nomor urut pasangan calon serta pengumuman KPU Humbahas No 358/KPU-HH/2010 tentang penetapan pasangan calon juga menjadi batal. Sebab keputusan dan pengumuman itu diterbitkan merupakan tindak lanjut dari diterbitkannya surat No 350 tersebut.
Dengan dibatalkannya surat dan keputusan tersebut, hakim memerintahkan tergugat untuk mencabutnya serta menerbitkan surat, berita acara dan keputusan serta pengumuman yang baru dengan menyatakan pasangan penggugat telah memenuhi syarat dan menetapkan pengguat sebagai pasangan calon bupati/wakil bupati periode 2010-2015 pada Pilkada Kabupaten Humbahas.
Atas putusan tersebut, kuasa hukum tergugat yang ditanyai hakim sikapnya menyatakan, akan konsultasi dahulu dengan KPU Humbahas. (M-14/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s