Bulog Desak Pemkab di Sumut Ajukan Raskin


Medan, BATAKPOS

Bulog Sumatera Utara mendesak sejumlah pemerintah kabupaten/kota di daerah itu segera meminta surat permintaan alokasi (SPA) ke Bulog, mengingat realisasi penyaluran di daerah itu sangat minim.

“Hingga 20 Mei 2010 realisasi penyaluran masih 73,55 persen atau 46.246 ton dari 62.877 ton yang seharusnya pada bulan berjalan,” kata Humas Bulog Sumut Rusli Siregar di Medan, Selasa (25/5).

Minimnya realisasi, karena sejumlah pemerintah kabupaten/kota belum mengajukan SPA, sehingga Bulog belum bisa menyalurkan beras tersebut.

Pemerintah Kota Sibolga, misalnya, belum mengajukan SPA sejak Maret 2010, sementara pada April 2010 Kabupaten Deli Serdang juga belum melakukan distribusi.

Untuk Mei 2010, sejumlah daerah mulai Kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Pakpak Bharat, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias, Gunung Sitoli, Nias Utara dan Nias Barat juga belum mengajukan SPA.

“Kelalaian sejumlah pemko/pemkab itu tentunya merugikan warganya dan juga pemerintah. Warga rugi karena raskin yang menjadi hak mereka menjadi terhambat dan berdampak pada penambahan biaya hidup karena harus membeli beras nonraskin,” katanya.

Dia menyebutkan, hingga Mei 2010 hanya Kota Siantar, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Tapanuli Selatan yang penyaluran raskinnya sudah 100 persen.

Disusul Kabupaten Labuhan Batu yang mencapai 98 persen, Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kabupaten Labuhan Selatan 92 persen serta dan Kota Padang Sidempuan 93 persen.

“Daerah yang terkecil penyalurannya adalah Sibolga yang baru 40 persen, kemudian Mandailing Natal, Toba Samosir dan Deli Serdang 57 persen, serta Serdang Bedagai 59 persen,” katanya.

Mengenai stok beras, menurut dia, cukup aman sebanyak 53.677 ton atau cukup untuk tiga hingga empat bulan kebutuhan daerah itu. ant/rob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s