DPRDSU Serukan, Masyarakat Humbahas Jangan Terpancing Aksi Anarkis


Medan (SIB)
Kalangan DPRD Sumut menyerukan kepada seluruh elemn masyarakat di Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) untuk dapat menahan diri dan jangan terpancing aksi-aksi anarkis menjelang Pilkada Bupati/Wakil Bupati periode 2010 – 2015, demi keamanan dan kenyamanan di daerah itu.
Seruan itu diungkapkan Sekretaris Komisi B DPRD Sumut yang juga anggota dewan Dapil (daerah pemilihan) VIII Wilayah Tapanuli Aduhot Simamora kepada wartawan, Selasa (25/5) di DPRD Sumut menanggapi terjadinya bentrokan antara Polisi dan massa pada penyampaian visi misi calon Bupati/Wakil Bupati Humbahas.
Semua pihak kita harapkan dalam menyampaikan aspirasi sesuai dengan koridor hukum. Begitu juga pihak aparat penegak hukum selaku pengaman agar tetap mengedepankan pendekatan keamanan terhadap masyarakat, sehingga aksi-aksi bentrokan antar kedua belah pihak dapat dihindarkan, ujar Aduhot Simamora.
Berdasarkan laporan yang diterima lembaga legislatif di Sumut, ujar Aduhot, munculnya bentrokan antara masyarakat dengan aparat Keamanan di Humbahas, diawali dengan munculnya kearogansian oknum aparat di lapangan, sehingga timbul emosi dari masyarakat itu sendiri.
Dalam kasus ini, tegas Bendahara FP Hanura ini, pihaknya sangat mengharapkan kepada Kapoldasu untuk segera meminta pertanggungjawaban dari Polres Humbahas atas terjadinya kasus yang menimbulkan puluhan luka-luka dan satu tertembak dari pihak masyarakat.
Begitu juga Bupati/Wakil Bupati Humbahas, kita himbau agar benar-benar menempatkan posisinya sebagai pengayom masyarakat dan jangan terlalu memaksakan kehendak, sebab bagaimanapun keamanan maupun kenyamanan masyarakat merupakan hal yang paling utama, tegas Aduhot yang juga putra Humbahas ini.
Setelah kejadian ini, katanya, KPUD Humbahas yang akan melakukan rapat pleno, hendaknya melahirkan keputusan yang benar-benar memihak kepada masyarakat dengan melaksanakan keputusan PTUN yang menetapkan pasangan SAPA (Saut Parlindungan Simamora/Ir Parlaungan Lumbantoruan, MSi) ikut sebagai calon Bupati/Wakil Bupati Humbahas.
Aduhot juga mengimbau DPRD Humbahas segera mengundang Bupati, Kapolres dan unsur Muspida untuk menuntaskan masalah ini, agar jangan terjadi simpang-siur di tengah-tengah masyarakat dan bagi para korban yang luka-luka segera diberi perawatan yang maksimal.
“Saya selaku anggota DPRD Sumut juga akan membicarakan masalah ini dengan pimpinan dewan dan sesegera mungkin akan mengundang instansi terkait, baik Gubsu, Poldasu maupun KPUD Sumut, untuk mencari solusi terbaiknya, agar persoalan soal Pilkada Humbahas tidak berlarut-larut,” ujar Aduhot.
Polda Sumut Turunkan 2 SSK Brimob
Polda Sumatera Utara (Polda Sumut) menurunkan 2 setingkat satuan kompi (SSK) dari Tebingtinggi untuk mengamankan kerusuhan di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan (Humbahas).
Pernyataan ini disampaikan Kassubid Dokliput Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan di Mapoldasu, Selasa (25/5).
Ditambahkannya, dalam kerusuhan penyampaian visi dan misi dalam Pilkada di Humbahas, enam orang telah diamankan untuk dimintai keterangan.
Jika terbukti bersalah akan dijadikan tersangka. Sementara itu, dari hasil pengecekan pihaknya di rumah sakit dan Puskesmas tidak ada korban penembakan petugas. Sedangkan anggota polisi 6 orang korban luka, akibat lemparan batu massa.
Sejauh ini kondisi keamanan di Humbang Hasundutan sudah kondusif dan polisi masih terus melakukan patroli di wilayah tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Jaga Malam
Hingga paska unjuk rasa di Humbahas, PNS di lingkungan Kantor Bupati Humbahas diberlakukan jaga malam. Jadwal jaga malam itu berlaku sejak, Selasa (25/5) sampai Kamis (10/6) ditandatangani Plt Bupati Humbahas Martuaman Silalahi SH. Demikian informasi diterima SIB, Selasa (25/5) di Kantor Bupati Humbahas. Belum diketahui secara pasti kenapa PNS jaga malam, tapi diduga karena situasi Pemilukada di Humbahas agak memanas. Kabag Humas Drs SDV Sihombing MM ketika dikonfirmasi, Selasa (25/5) siang via telepon tidak berhasil.
Hari pertama kampanye para calon Bupati Humbahas periode 2010-2015, Humbahas khususnya kota Doloksanggul sunyi. Tidak ada kampanye terbuka. Kemungkinan hal itu terjadi, karena saat penyampaian visi, misi dan program para kandidat diwarnai aksi unjukrasa. Tim MM Center (Maddin Sihombing/Marganti Manullang) ketika ditanya SIB, bahwa Calon Wakil Bupati Humbahas Drs Marganti Manullang melakukan pertemuan dengan masyarakat di Kecamatan Baktiraja. Ketua tim GALANG (Esra Sinaga/Hardis Simanullang) Riduan Sianturi SE ketika ditanya SIB mengatakan bahwa GALANG tidak melakukan kampanye karena situasi tidak memungkinkan.
Sementara pasangan OBAMA-THOMS (Maju Siregar/Thomson Sihite) tidak juga melakukan kampanye terbuka tapi kedua kandidat itu melakukan pertemuan di Lintongnihuta. Pertemuan dilakukan langsung menjumpai masyarakat dan menawarkan program pembangunan apabila terpilih sebagai pelayan di Humbahas. Saat pertemuan berlangsung di Desa Siponjot Lintongnihuta, masyarakat mempertanyakan keseriusan Thomson Sihite sebagai kandidat calon pelayan di Humbahas. Karena ada kabar, OBAMA-THOMS ikut sebagai calon hanya sebagai pelengkap atau “boneka”. Thomson Sihite didampingi istri Br Tobing dan tim suksesnya dengan tegas membantah kabar itu dan mengatakan ikut sebagai peserta Pemilukada murni dari hati nurani dan ingin memajukan Kabupaten Humbahas.
Paska aksi unjukrasa di Humbahas, Senin (24/5) situasi di Humbahas mulai aman namun bekas ban bakaran masih terlihat di beberapa titik di kota Doloksanggul. Sementara aparat keamanan masih stand by di Polsek Doloksanggul. Kemudian mengantisipasi aksi unjukrasa, Polres Humbahas telah menyiapkan truk Baracuda/water (kendaraan taktis). (M10/M16/T10/r)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s