Maju Siregar: Pemuda Adalah Tonggak Bangsa


http://batakpos-online.com/

Humbahas, BATAKPOS

Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Humbang Hasundutan menggelar acara Dialog Pemuda Humbahas Refleksi Tujuh Tahun Kebupaten Humbang Hasundutan yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus PAC GAMKI se-Humbahas. Acara ini dilaksanakan di Gedung Situmorang, Jalan Merdeka Doloksanggul, akhir pekan lalu.

Dialog pemuda tersebut merupakan sarana mengevaluasi  keberadaan pemuda, kinerja pemuda, peranan pemuda serta kendala yang dialami oleh pemuda dalam menempatkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat Humbahas. Selain itu, dialog ini juga menjembatani pemuda untuk merefleksi keberadaannya selama tujuh tahun Kabupaten Humbahas berdiri.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) GAMKI Humbahas Posma Simanullang, SH d ihadapan kader pemuda PAC se-Humbahas.

Sebagai pembicara dalam dialog pemuda tersebut adalah Ketua DPC GAMKI Posma Manullang serta  pasangan calon bupati dan wakil bupati Humbang Hasundutan Maju Siregar, SH, MM dan Drs Thomson Sihite, MM dan sebagai moderator adalah Ramsiana Gultom. Dialog pemuda yang membicarakan apa dan bagaimana pemuda serta keberadaannya di tengah-tengah masyarakat Humbahas tersebut meraih antusiasme pesertanya. Salah satu pokok persoalan yang lebih banyak dibicarakan adalah, kurangnya perhatian pemerintah serta pengembangan yang dilakukan oleh dinas terkait untuk memberdayakan serta mendukung pemuda untuk maju dan berkreasi. Kondisi tersebut menjadi sorotan pemuda bahkan banyak dari peserta yang mengutarakan rasa kecewanya terhadap pemerintah Humbahas karena dinilai tidak mampu merangkul pemuda untuk bersama-sama membangun daerah ini.

Maju Siregar dalam makalahnya menjelaskan peranan pemuda dalam pembangunan sebagai tonggak bangsa, kemitraan pemuda, kreatifitas pemuda, harkat pemuda dan hubungan pemuda dengan organisasi kepemudaan. Maju juga menekankan adanya hubungan yang tidak terpisahkan antara pemuda dengan pemerintahan, d imana hubungan tersebut menggambarkan hubungan antara bapak dan anak. Bapak akan menjadi teladan dan anak akan menjadi cerminan dari keteladanan tersebut. “Pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik jika pemudanya tidak terorganisir dengan baik, pemuda bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, karenanya, jika kami terpilih jadi Bupati dan wakil Bupati, maka pemuda akan saya rangkul dan diberdayakan melalui kerjasama dengan organsasi kepemudaan,” terang Maju yang disertai tepuk tangan dari seluruh peserta. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s