Kajari Tarutung: Terlalu Jauh dari Kota


Humbahas, BATAKPOS

Pembangunan Kantor  Kejaksaan Negeri Dolok Sanggul yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalinsum) antara Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas tembus ke Kabupaten Tapteng, sudah hampir tiga  tahun tidak dihuni. Ternyata menurut pengakuan Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung yang juga masuk wilayah hukumnya ke Kabupaten Humbahas ini, terlalu jauh dari kota .

Demikian informasi itu diperoleh BATAKPOS dari Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung, Mangasi Situmeang, Rabu (2/6) melalui via telepon. Kemudian, menurut pengakuan Mangasi, anggaran pembangunan tersebut dari APBN.

Akan tetapi dia berkilah, tidak mengetahui anggarannya dan juga mengaku bukan kapasitasnya untuk menjawab persoalan tersebut. 

“Itu hak Kejaksaan Agung atau Kejaksaan Negeri Sumut,” katanya. Kemudian, lanjutnya, soal tahap pembangunan itu tidak diketahuinya. Sebab, ia baru bertugas hampir dua tahun di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Sebenarnya kapasitas menjawab itu bukan saya, tetapi Kejagung atau Kejatisu. Tapi kalau sekadar ingin tahu itu dana dari mana asal anggarannya, saya bisa jawab itu dana dari APBN,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya lagi, tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan  hanya memfasilitasi lokasi penempatannya saja. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s