Kasus Sekdakab Humbahas Tetap Diproses


Humbahas, BATAKPOS

Terkait keluarnya pernyataan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sution Usman Adji kepada sejumlah media massa yang mengatakan pihaknya akan menangkap Sekdakab Humbahas Martuaman setelah selesai pemilukada, membuat sejumlah elemen masyarakat dan juga kalangan DPRD Humbahas bertanya-tanya.

Kemarin, keluar pernyataan dari Sekretaris Komisi A DPRD Humbahas yang membidangi hukum dan pemerintahaan Candra Mahulae, SSos serta dari seorang aktivis Guntur Simamora. Kali ini, dari sikap Ketua ICW (Indonesia Coruption Watch) Humbahas Budiman Siambaton baru-baru ini melalui sms menanyakan, ada apa hubungan hukum dengan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Menurutnya, harusnya hubungan hukum dengan pilkada itu tidak ada. Di mana, seseorang yang namanya terlibat dengan hukum tidak ada dikhususkan seperti anak ‘emas’. Harusnya, Kejatisu konsisten dalam menegakkan hukum atas Martuaman Silalahi. Semestinya tidak perlu menunggu pilkada ini.

Yang menjadi persoalannya, apabila hal itu harus terjadi maka masyarakat Humbahas malah mencurigai ada apa hubungan hukum dengan pilkada. Sehingga tidak ada rasa curiga masyarakat kepada penegak hokum. Dalam hal ini Kejatisu diharapkan harus menegakkan supremasi hukum yang sebenarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung Mangasi Situmeang kepada BATAKPOS, Rabu (2/6) via telepon menyatakan, status pada Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) itu sudah menjadi tersangka. Dan dalam hal ini, kejaksaan masih tetap memproses kasusnya.

“Kita tetap memproses kok, dan dalam soal tangkap menangkap hak seseorang manusia itukan masih ada. Jadi kita tetap masih menghargai HAM dan dalam hal ini kejaksaan tetap konsisten untuk menegakkan supremasi hukum,” katanya. ck13

One thought on “Kasus Sekdakab Humbahas Tetap Diproses

  1. memang dia harus ditangkap, karena pengangkatan beliau jadi plt bupati humbahas tidak sah dan atasannya juga harus ditangkap tidak mungkin dia jadi tersangka pimpinannya tidak tau, tankap !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s